Diterjang Banjir, Plengsengan Sungai Kedunglarangan Pasuruan Ambrol

Diterjang Banjir, Plengsengan Sungai Kedunglarangan Pasuruan Ambrol Plengsengan Kedunglarangan yang jebol. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com Kecamatan Bangil ambrol usai diterjang banjir, Rabu (24/3/2021). Hal itu terjadi lantaran debit sungai naik pascahujan lebat mengguyur wilayah setempat selama 4 jam.

Kerusakan plengsengan ada di dua titik, yakni di Kelurahan Kalianyar dan Desa Manaruwi. Terparah, berada di Kelurahan Kalianyar, dengan panjang plengsengan yang ambrol sepanjang 35 meter, sedangkan di Desa Manaruwi plengsengan yang ambrol sepanjang 20 meter.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rusdi Sutejo mendesak agar bangunan plengsengan yang ambrol segera ditangani. Sebab, lokasi rusaknya plengsengan dekat pemukiman padat penduduk. Bila tak segera ditangani, dikhawatirkan akan bisa menggenangi rumah mereka bila terjadi banjir.

"Ini perlu penanganan cepat dari pemkab untuk melakukan penanganan kedaruratan, karena posisi rumah warga sejajar dengan sungai, sehingga berpotensi membahayakan warga kalau debit sungai tinggi," kata Rusdi.

Dia menambahkan, berdasarkan data yang dimiliki, ada ratusan KK di area yang rumahnya berdekatan dengan bibir Sungai Kedunglarangan. "Dari laporan yang kami terima ada ratusan KK di Dusun Tugusari, Dusun Kalisari, Kelurahan Kalianyar yang dekat dengan sungai. Kalau tidak segera ditangani akan sangat membahayakan warga," tandasnya.

Sementara itu, Arif Sasmita (44), warga setempat mengatakan bahwa kondisi bangunan plengsengan tersebut sudah retak lantaran sudah lama tidak ada perbaikan, dan setelah hujan deras mengguyur pada Selasa (23/3/2021) petang, plengsengan tersebut ambrol.

“Plengsengan yang ikut Desa Manaruwi ambrol sekitar jam 7. Siangnya, jam 11, plengsengan yang ikut Kelurahan Kalianyar juga ambrol,” jelasnya.

Adapun untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, warga sekitar menutup akses Jalan Lingkungan Kali Sari, Kelurahan Kalianyar. Sebab, jalan tersebut tepat berada di sisi plengsengan sungai yang ambrol. (bib/par/zar)

Video Terpopuler:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO