Sabtu, 17 April 2021 19:18

Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali

Minggu, 04 April 2021 12:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ketika berada di area Kawah Gunung Kelud. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan bahwa objek Wisata Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri siap dibuka untuk masyarakat umum.

Kabar akan dibukanya Wisata Gunung Kelud itu disampaikan oleh Mas Bup Dhito, sapaan akrabnya, ketika mengunjungi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Kediri tersebut, Sabtu (3/4/2021) kemarin.

"Ya, ini kabar baik bagi para pelaku industri di sektor wisata Kabupaten Kediri," kata Mas Bup Dhito kepada wartawan usai mengunjungi Kawah Gunung Kelud.

Menurut Mas Bup, Wisata Gunung Kelud memiliki potensi daya tarik wisata bagi wisatawan. Namun, seperti diketahui kawasan wisata ini sudah setahun ditutup akibat pandemi.

BACA JUGA : 

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

Pemkab Kediri Bantu 1.250 Kg Benih Padi Kepada Korban Banjir Tarokan

Tanggapi Hasil Survei SSC, Mas Bup Dhito: Pemimpin Muda PDIP Tidak Hanya Bekerja di Balik Meja

Aplikasi Halo Mas Bup Mulai Dirasakan Oleh Masyarakat Kabupaten Kediri

"Saya telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata, kita akan buka dalam waktu dekat," imbuh putra Mensekkab Pramono Anung itu.

Dia mengungkapkan, untuk tanggal dibuka pun masih dikomunikasikan dengan dinas terkait. Apalagi, pihaknya juga sempat berdialog dengan warga sekitar. Umumnya, mereka ini menggantungkan hidup di sektor pariwisata Gunung Kelud ini.

Mas Bup Dhito juga memberikan penjelasan kepada belasan tukang ojek. Tujuannya, agar mereka bersabar karena kawasan wisata tersebut akan segera dibuka dalam waktu dekat ini.

Abdul Rokhim, salah seorang warga dan sekaligus Penjaga Kawah Gunung Kelud mengaku sangat senang dengan adanya informasi bahwa Gunung Kelud mau dibuka. "Selama pandemi ini, Kelud memang tidak dibuka untuk pengunjung. Ini juga seiring adanya imbauan pemerintah soal protokol kesehatan," katanya.

Perlu diketahui, beberapa tempat wisata di Kabupaten Kediri kini terus melakukan persiapan untuk membuka kembali layanan dan operasionalnya. Salah satunya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung, nantinya harus mematuhi protokol kesehatan, utamanya harus pakai masker, tidak berkerumun, dan cuci tangan. (uji/zar)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...