Senin, 10 Mei 2021 02:38

​Dongkrak Suara Nasional, PPP Bisa Maksimalkan Suara Nahdliyin di Jatim

Minggu, 04 April 2021 22:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Dongkrak Suara Nasional, PPP Bisa Maksimalkan Suara Nahdliyin di Jatim
Hj. Mundjidah Wahab, salah satu sosok kader yang dinilai layak menjadi Ketua DPW PPP Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) harus berbenah untuk menyongsong Pemilu 2024 yang diprediksi semakin ketat. Apalagi bila mengacu pada sejumlah hasil survei, elektabilitas PPP rata-rata di kisaran 2 persen. Ini tentu lampu kuning bagi PPP kalau ingin tetap ada di parlemen.

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai, harusnya suara PPP sudah ada di kisaran 4-5 persen, karena itu angka moredarinya PPP. Ia menyarankan PPP harus merangkul seluruh potensi yang ada, termasuk memaksimalkan ceruk suara di Jawa Timur. Karena Jawa Timur merupakan basis nahdliyin yang merupakan suara tradisional PPP.

"Jawa Timur adalah basis nahdliyin yang merupakan suara tradisional PPP. Kalau bisa memaksimalkan suara di Jatim, saya kira secara otomatis mendongkrak suara PPP secara nasional," tutur Surokim Abdussalam, Minggu (4/3/2021).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan, sebelum era reformasi suara nahdliyin terkonsentrasi di PPP. Namun pasca munculnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diinisiasi Gus Dur dan sejumlah tokoh NU, suara nahdliyin lebih terkonsentrasi di PKB.

BACA JUGA : 

ARCI Umumkan Tiga Tokoh Penguat Pendidikan Jawa Timur

Poros Islam Berpeluang Terbentuk di Jatim

Tanggapi Hasil Survei SSC, Mas Bup Dhito: Pemimpin Muda PDIP Tidak Hanya Bekerja di Balik Meja

PD Kurang Diminati Milenial di Jatim, Pengamat: Emil Jarang Banget Pakai Jaket Demokrat

Karena itu, perlu ada sosok yang bisa menjadi simbol NU di pucuk pimpinan PPP sehingga menjadi representasi suara nahdliyin. Dengan begitu, nahdliyin punya ketertarikan untuk memilih PPP sebagai saluran politik mereka.

"Nahdliyin itu patuh pada kiai dan sangat menghormati keturunan kiai. Kalau di PPP Jateng ada keluarga besar Mbah Moen. Saya kira di Jatim juga punya Bu Mun putri Kiai Wahab Chasbullah, pendiri NU," imbuh Surokim.

Untuk diketahui, PPP Jatim akan melangsungkan Musyawarah Wilayah (Muswil) IX di Surabaya, 7-8 April 2021. Salah satu agenda utama dalam muswil itu adalah memilih Ketua DPW Jatim yang baru. Pasalnya, Musyaffa' Noer telah dua kali berturut-turut memimpin PPP Jatim. Ia pun kini telah naik level menjadi wakil ketua umum DPP PPP.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah nama mulai muncul ke permukaan sebagai kandidat ketua DPW PPP Jatim. Mereka adalah Bupati Bangkalan Ra Abdul Latif Amin Imron (Ketua DPC PPP Bangkalan), Bupati Jombang Hj. Mudjidah Wahab (Ketua DPC PPP Jombang), dan Anggota DPRD Jatim Haji Rofik (Wakil Ketua DPW PPP Jatim). (mdr/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...