Selasa, 20 April 2021 13:55

KPK Bidik Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama PDAM Gresik Senilai Rp133 Miliar

Senin, 05 April 2021 12:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
KPK Bidik Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama PDAM Gresik Senilai Rp133 Miliar
Dirut PDAM Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah (kiri) dan Mantan Dirut PDAM Giri Tirta Gresik Muhammad (kanan). (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memanggil dan meminta keterangan puluhan pejabat dan mantan pejabat PDAM Giri Tirta Gresik terkait kerja sama investasi dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) pada tahun 2012 dengan nilai investasi sebesar Rp133 miliar.

Informasi di lapangan menyebutkan, KPK belum menentukan siapa yang menjadi tersangka dalam kasus korupsi tersebut, meski sudah melakukan pemeriksaan selama hampir seminggu. Untuk itu, penyidik KPK minggu ini kembali melanjutkan pemeriksaan.

"Minggu ini pemeriksaan masih berlanjut. Bukti dan keterangan sementara sudah cukup. Sejauh ini belum ada yang menjadi tersangka. Tapi, saat ini penyidik membidik penanggung jawab proyek kerja sama investasi Rp133 miliar tersebut," ujar narasumber yang tak mau disebutkan namanya tersebut kepada BANGSAONLINE.com, Senin (5/4/2021).

Dia mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, kerugian negara mencapai ratusan miliar rupiah, dari dimulainya kerja sama pada tahun 2012 hingga sekarang. "Ada tengara kerugian negara mencapai hingga ratusan miliar," ungkapnya.

BACA JUGA : 

Safari Ramadan Perdana di Manyar, Bupati Gus Yani Singgung Kemacetan Jalan

Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Tambal Kerusakan Jalan Betoyo-Tanggulrejo Manyar

Lelang Sekda Gresik Tunggu Restu Mendagri, Ini Pejabat yang Berpeluang

Pemkab Gresik Minta Izin Mendagri, Isi Jabatan Sekda dan Kepala BPPKAD

Sebagaimana diketahui, penyidik KPK sendiri sejak Selasa (30/3/2021) lalu, telah memanggil dan meminta keterangan puluhan pejabat dan mantan pejabat PDAM Giri Tirta Gresik di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur.

Di antaranya, yakni Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah, Kepala Litbang PDAM, Kabag Perencanaan PDAM, dan Kabag P3T PDAM.

Kemudian pada Rabu (31/3/2021), penyidik KPK kembali meminta keterangan sejumlah pejabat dan mantan pejabat PDAM, yakni Diretur Teknik (Dirtek) Harisun, Direktur Umum (Dirum) Budi Hartono, dan Mantan Dirtek Crishadi Susanto.

Berikutnya pada Kamis (1/4/2021), penyidik KPK meminta keterangan Mantan Direktur Utama PDAM Giri Tirta Muhammad, Imron, Santoso, Patris (Kepala Satuan RNK), dan Mantan Direktur Umum PDAM Giri Tirta Gresik Zakky. (hud/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...