Kamis, 13 Mei 2021 09:06

Percantik Kota Delta, Gus Muhdlor Libatkan Arsitek Nasional Andra Matin

Selasa, 06 April 2021 07:43 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Mustain
Percantik Kota Delta, Gus Muhdlor Libatkan Arsitek Nasional Andra Matin
Bupati Ahmad Muhdlor bersama Andra Matin meninjau Alun-alun Sidoarjo, Senin (5/4/2021). foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) serius merevitalisasi sejumlah titik ruang terbuka hijau (RTH) guna mempercantik Kota Delta. Upaya itu di antaranya dengan melibatkan arsitek kelas nasional, Andra Matin.

Andra Matin diminta merancang revitalisasi sejumlah RTH di Sidoarjo seperti di pusat Kota Sidoarjo, Alun-Alun, Perempatan Taman Pinang Indah, Taman Tanjung Puri, Waru, Jalan Raya Pondok Tjandra, Jalan Raya Juanda dan Bundaran Aloha.

Menurut Gus Muhdlor, pihaknya ingin wajah Sidoarjo berubah menjadi fresh dengan banyaknya taman-taman yang tentunya dibangun dengan tidak asal-asalan.

Dia ingin pembangunan RTH di Sidoarjo digarap serius agar bisa dinikmati warga Sidoarjo.

BACA JUGA : 

Pemkab Sidoarjo Apresiasi Program Duta Toleransi yang Digelar Komunitas Brangwetan

50 Pemudik Disuruh Putar Balik di Pos Penyekatan Sidoarjo

​Dikira Petasan, Penembakan Misterius di Waru Sidoarjo Lubangi Tembok hingga Tembus Motor

Tabrak Truk, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Sidorejo Krian Sidoarjo

"Dengan melibatkan arsitek tingkat nasional kita akan merancang pembangunan RTH dengan konsep kelas nasional. Karena Sidoarjo ini kota besar dengan pendapatan daerah yang cukup besar maka masyarakat harus mendapatkan fasilitas publik seperti taman yang terlihat indah dan cantik," cetusnya usai berkeliling ke sejumlah lokasi di Sidoarjo, bersama Andra Matin, Senin (5/4/2021).

Gus Muhdlor ingin semua RTH dibangun dengan konsep ramah untuk semua dan mengedepankan estetis. Untuk mewujudkan itu Gus Muhdlor mempercayakan konsep pembangunan RTH kepada ahlinya.

Karya Andra Matin sendiri sudah banyak diakui baik tingkat nasional maupun internasional. Sejumlah penghargaan pernah diraih, salah satunya adalah Wallpaper Architecture Directory yang menobatkan Andra Matin sebagai salah satu arsitek, dari 101 arsitek dunia yang paling berkiprah pada tahun 2007.

Nama Andra Matin sudah tidak asing lagi di kalangan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Pria bernama lengkap Isandra Matin Ahmad sengaja diajak Gus Muhdlor keliling Kota Delta mulai dari Pendopo Delta Wibawa, Kantor Sekretariat Daerah, Alun-Alun Sidoarjo, Taman Tanjung Puri, Kemudian Exit Tol Pondok Tjandra Waru.

Andra Matin kini bakal merancang konsep dengan penyelarasan paradigma pendekatan arsitektural dalam pembangunan Sidoarjo. Konsep ini akan dipaparkan di hadapan Bupati dan Wakil Bupati bersama jajaran OPD terkait.

"Membangun tidak sekedar membangun, tetapi harus dengan pendekatan arsitektural yang serius. Sehingga bangunan atau ruang bukan hanya layak secara teknis dan fungsi tapi juga harus estetis," cetusnya.

Dia juga menekankan harus dibangun pemahaman bahwa bangunan atau ruang harus menjadi oase estetika bagi daerah seperti Sidoarjo.

Dalam waktu dekat konsep revitalisasi RTH Sidoarjo yang dirancang Andra Matin akan diserahkan kepada Gus Muhdlor untuk selanjutnya direalisasikan. (sta)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...