Kamis, 24 Juni 2021 23:00

Pergunu Aceh Dukung Dinas Pendidikan Wujudkan Sekolah Lokomotif Syariah

Selasa, 06 April 2021 08:00 WIB
Editor: Tim
Pergunu Aceh Dukung Dinas Pendidikan Wujudkan Sekolah Lokomotif Syariah
Tgk Muslem Hamdani, M.A. (kiri). Foto: ist

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Provinsi Aceh mendukung gagasan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Al Hudri, M.M. untuk mewujudkan sekolah sebagai lokomotif penerapan Syari’at Islam di Aceh.

Pasalnya, generasi muda Aceh hari ini sedang berada di persimpangan jalan yang begitu krusial di tengah berbagai kemajuan teknologi informasi yang dapat menarik mereka untuk menjauh dari cita-cita Islam.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani, M.A. didampingi Ketua Bidang Pendidikan dan Penelitian, Dr. Teuku Zulkhairi, M.A. di Banda Aceh.

"Kita berikan apresiasi tertinggi atas ide dan gagasan yang disampaikan kepala Dinas Pendidikan Aceh untuk mewujudkan sekolah sebagai lokomotif penerapan Syari’at Islam di Aceh," ujar Tgk Muslem Hamdani dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa 6 April 2021.

BACA JUGA : 

​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik 'Doa Tolak Bala' sebelum Proses Belajar Mengajar

​Mahar Nikah Ratusan Juta di Aceh, Tapi Mertua Ngasih “Kembalian” Mobil (3-Habis)

​Bernuansa Masjid Nabawi Madinah, Kiai Asep Betah di Masjid Raya Baiturrahman Aceh (2)

​Ziarah ke Makam Syaikh Kuala Aceh, Mengenang Keajaiban Waliyullah

Kandidat doktor Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu menegaskan bahwa Aceh yang sudah belasan tahun menerapkan Syari’at Islam hingga sejauh ini seolah tanpa dukungan berarti yang kuat dari institusi pendidikan.

Malahan, menurut Tgk Muslem, saat ini kita melihat generasi muda kita di institusi pendidikan justru menjadi bagian dari persoalan dalam penerapan Syari’at Islam berdasarkan data dan fakta kenakalan remaja yang terjadi hingga sejauh ini.

Ketua Bidang Pendidikan dan Penelitian Pergunu Aceh Teuku Zulkhairi menambahkan bahwa menjadikan sekolah sebagai lokomotif penerapan Syari’at Islam di Aceh harus dilakukan secara komprehensif dan gradual.

"Sekolah-sekolah di Aceh harus keluar dari paradigma sekulerisme yang meteralistik yang hingga sejauh ini masih belum mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam semua prosesi pendidikan dan termasuk kurikulum pembelajaran serta bahan-bahan ajar yang diajarkan kepada siswa," ujar Zulkhairi.

Zulkhairi menegaskan, kita harus serius menjadikan sekolah sebagai lokomotif penerapan Syari’at Islam karena memang kondisi yang sangat mendesak akibat tantangan aktual yang menimpa generasi muda kita di satu sisi, serta amanah syari’at Islam di sisi lainnya.

"Kita menunggu terobosan Dinas Pendidikan Aceh untuk mewujudkan sekolah sebagai lokomotif Syari’at Islam di Aceh," harap Zulkhairi (tim)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...