Gelar Pameran Pangan Murah Berkualitas, Dinas Pertanian Gresik Gagas Toko Tani Gresik Centre

Gelar Pameran Pangan Murah Berkualitas, Dinas Pertanian Gresik Gagas Toko Tani Gresik Centre Wabup Bu Min saat melihat gerai hasil pertanian Gresik. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bakal membuka Pasar Mitra Tani atau di Jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo, tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kebomas.

Oleh karena itu, mulai hari ini (Selasa, 6/4/2021) hingga empat hari ke depan, Dinas Pertanian (Distan) Gresik melakukan kegiatan gelar pangan murah berkualitas di belakang kompleks Kantor Bupati Gresik. Gelaran tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min).

Berbagai macam hasil produk petani Gresik dijual di stan pameran. Mulai beras, sayur mayur, serta beberapa produk makanan dan minuman yang berbasis hasil pertanian Gresik, dengan harga sangat murah serta kualitas yang baik.

Seperti beras tipe IR 64 dengan kualitas medium nonpoles yang dijual dengan harga Rp43.000 dalam kemasan 5 kilogram. Beras tersebut cukup bagus dan pulen saat dimasak. Hal ini terlihat ketika pihak panitia mencoba memasak beras tersebut dan dicoba oleh .

"Enak, nasinya juga beraroma harum. Sebaiknya seluruh ASN yang ada di kompleks Pemkab Gresik ini membeli beras di sini, karena sangat bagus," ucap berpromosi, Selasa (6/4/2021).

Alasan Wabup Bu Min mempromosikan produk beras petani ini karena, ingin petani Gresik bisa menikmati hasil produksinya dengan harga sesuai harga pasar. "Memang program ini selain melaksanakan Program Nawa Karsa Bupati Gresik yaitu Gresik Agropolitan, juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan dengan mengurangi disparitas harga," terangnya.

Menurut , program ini menjadi salah satu cara memperpendek distribusi, yang mulanya melalui 6 sampai 7 titik distribusi menjadi hanya 2 sampai 3 titik distribusi. Hal ini selain menguntungkan masyarakat, petani juga untung karena produksinya bisa dijual sesuai harga pasar.

Melihat produk pertanian Gresik yang bermutu baik ini, berharap ke depannya bisa dipasarkan di beberapa supermarket di Gresik. "Beberapa saat yang lalu, bupati sudah menandatangani MoU dengan salah satu supermarket yang punya banyak gerai di Gresik. Semoga nanti bisa kita laksanakan," harapnya optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Gresik Ir. Eko Anandito Putro mengatakan, gelaran pasar murah berkualitas ini akan menjadi cikal bakal Pasar Mitra Tani atau .

"Pada kegiatan ini kami mengikutkan para petani program pengembangan usaha pangan masyarakat yang tersebar di delapan kecamatan di Gresik. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO