Selasa, 20 April 2021 14:39

Gelar Pameran Pangan Murah Berkualitas, Dinas Pertanian Gresik Gagas Toko Tani Gresik Centre

Selasa, 06 April 2021 12:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Gelar Pameran Pangan Murah Berkualitas, Dinas Pertanian Gresik Gagas Toko Tani Gresik Centre
Wabup Bu Min saat melihat gerai hasil pertanian Gresik. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bakal membuka Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Gresik Centre di Jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo, tepatnya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kebomas.

Oleh karena itu, mulai hari ini (Selasa, 6/4/2021) hingga empat hari ke depan, Dinas Pertanian (Distan) Gresik melakukan kegiatan gelar pangan murah berkualitas di belakang kompleks Kantor Bupati Gresik. Gelaran tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min).

Berbagai macam hasil produk petani Gresik dijual di stan pameran. Mulai beras, sayur mayur, serta beberapa produk makanan dan minuman yang berbasis hasil pertanian Gresik, dengan harga sangat murah serta kualitas yang baik.

Seperti beras tipe IR 64 dengan kualitas medium nonpoles yang dijual dengan harga Rp43.000 dalam kemasan 5 kilogram. Beras tersebut cukup bagus dan pulen saat dimasak. Hal ini terlihat ketika pihak panitia mencoba memasak beras tersebut dan dicoba oleh Wabup Bu Min.

BACA JUGA : 

Safari Ramadan Perdana di Manyar, Bupati Gus Yani Singgung Kemacetan Jalan

Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Tambal Kerusakan Jalan Betoyo-Tanggulrejo Manyar

Lelang Sekda Gresik Tunggu Restu Mendagri, Ini Pejabat yang Berpeluang

Pemkab Gresik Minta Izin Mendagri, Isi Jabatan Sekda dan Kepala BPPKAD

"Enak, nasinya juga beraroma harum. Sebaiknya seluruh ASN yang ada di kompleks Pemkab Gresik ini membeli beras di sini, karena sangat bagus," ucap Wabup Bu Min berpromosi, Selasa (6/4/2021).

Alasan Wabup Bu Min mempromosikan produk beras petani ini karena, ingin petani Gresik bisa menikmati hasil produksinya dengan harga sesuai harga pasar. "Memang program ini selain melaksanakan Program Nawa Karsa Bupati Gresik yaitu Gresik Agropolitan, juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan dengan mengurangi disparitas harga," terangnya.

Menurut Wabup Bu Min, program ini menjadi salah satu cara memperpendek distribusi, yang mulanya melalui 6 sampai 7 titik distribusi menjadi hanya 2 sampai 3 titik distribusi. Hal ini selain menguntungkan masyarakat, petani juga untung karena produksinya bisa dijual sesuai harga pasar.

Melihat produk pertanian Gresik yang bermutu baik ini, Wabup Bu Min berharap ke depannya bisa dipasarkan di beberapa supermarket di Gresik. "Beberapa saat yang lalu, bupati sudah menandatangani MoU dengan salah satu supermarket yang punya banyak gerai di Gresik. Semoga nanti bisa kita laksanakan," harapnya optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Gresik Ir. Eko Anandito Putro mengatakan, gelaran pasar murah berkualitas ini akan menjadi cikal bakal Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Gresik Centre.

"Pada kegiatan ini kami mengikutkan para petani program pengembangan usaha pangan masyarakat yang tersebar di delapan kecamatan di Gresik. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," pungkasnya. (hud/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...