Pembukaan Uji Coba, Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Mulai Dipadati Pengunjung

Pembukaan Uji Coba, Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Mulai Dipadati Pengunjung Wisata Air Terjun Irenggolo di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang mulai ramai pengunjung setelah diuji coba pembukaan, Sabtu (10/4) kemarin. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten . Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Hal itu dilakukan untuk memulihkan perekonomian, khususnya warga yang menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata, setelah kurang lebih 1 tahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

Proses uji coba ini dilakukan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap pengunjung yang hendak memasuki lokasi wisata wajib dilakukan cek suhu tubuh, memakai masker serta pada saat antre di loket juga menjaga jarak. Sebelum masuk ke obyek wisata, pengunjung juga diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Di kawasan Wisata Besuki di Kecamatan Mojo ini, terdapat beberapa objek wisata di antaranya Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Dolo, Kelok Sembilan, Gazebo Wilis, Jembatan Jomblo, Taman Langit, serta area kemah.

Dengan membayar retribusi Rp 7.000/orang, pengunjung bisa memasuki beberapa objek wisata tersebut. Sedangkan untuk biaya parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 2.000.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir. Adi Suwigny  melalui Kabid Sejarah dan Purbakala Yuli Marwantoko, pembukaan ini dalam rangka tahap uji coba awal sejumlah lokasi wisata. Apabila nantinya banyak ditemukan pengunjung yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, maka lokasi wisata akan ditutup kembali.

“Harapan kami masyarakat yang berwisata tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai cek suhu tubuh, memakai masker dan jaga jarak. Kalau ada yang tidak memakai masker diminta balik atau beli dulu. Ini masih dalam tahap uji coba, jangan sampai teledor prokes,” tegas Yuli, Minggu (11/4).

Sekadar diketahui, banyak masyarakat sekitar Dusun Besuki yang menggantungkan pendapatan dari sektor pariwisata. Dari pendataan terakhir, dari 48 warung yang biasa berdagang, kini hanya 20 unit yang masih buka. Selain itu, masyarakat juga banyak yang berdagang bunga serta membuka homestay di sekitar lokasi wisata.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini masih tiga tempat wisata yang dilakukan uji coba pembukaan wisata untuk umum. Selain tempat Wisata Besuki di Kecamatan Mojo, Wisata Sumber Podang di Kecamatan Semen dan Wisata Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar juga sudah dibuka. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO