Jalan Berdua Dilaunching, Pengantin Baru di Kota Pasuruan Bisa Urus KTP dan KK Elektronik dari Rumah

Jalan Berdua Dilaunching, Pengantin Baru di Kota Pasuruan Bisa Urus KTP dan KK Elektronik dari Rumah Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat melaunching layanan 'Jalan Berdua' di halaman kantor Dispendukcapil Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) me-launching inovasi layanan yang diberi nama 'Jalan Berdua' di halaman kantor dispendukcapil setempat, Kamis (22/04/2021).

Jalan Berdua merupakan upaya meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan, yakni percepatan perubahan status kawin dan kepemilikan KTP dan KK elektronik bagi pasangan yang baru menikah di .

Wali Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, program ini sekaligus untuk mendukung terwujudnya zona integritas wilayah bebas korupsi di Pemerintah .

Ia menjelaskan, layanan "jalan berdua" ini bertujuan mempermudah pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki dokumen telah menikah, seperti pemisahan KK dan status dalam KTP.

"Ini menjadi salah satu solusi, layanannya cepat, murah. Karena jika dibiarkan (tidak pecah KK dan update KTP) dampaknya akan merugikan pihak terkait ketika ada pendataan penerimaan bantuan. Alhamdulillah, ini suatu model yang perlu kita kembangan ke depannya," ujar Gus Ipul.

Melalui layanan ini, masyarakat hanya perlu melampirkan berkas perubahan status kawin KK dan KTP elektronik ke KUA saat pendaftaran nikah. Setelah pencatatan dan penginputan pada aplikasi, maka dispendukcapil akan memproses KK dan KTP baru. Apabila sudah jadi, KK dan KTP baru itu akan dikirim ke rumah masing-masing lewat ojek online yang biayanya ditanggung Pemerintah .

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO