Minggu, 09 Mei 2021 08:45

Iba dan Kagumi Aktivitas Seorang Difabel di Medsos, Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Hadiahi Kursi Roda

Jumat, 23 April 2021 20:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Iba dan Kagumi Aktivitas Seorang Difabel di Medsos, Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Hadiahi Kursi Roda
Sungkono terharu saat menerima bantuan kursi roda dari Bhabinkamtibmas Polsek Rengel Bripka Puguh Prasetyo.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tangis haru Sungkono (39) pecah usai menerima usai menerima 1 unit kursi roda dari Bhabinkamtibmas Polsek Rengel, Bripka Puguh Prasetyo, Jumat (23/4/2021).

Pria asal Dusun Randupagir, Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tak kuasa menahan air mata saat mengetahui Bripka Puguh Prasetyo mengunjungi kediamannya dan menyerahkan kado spesial tersebut.

Sungkono alias Sabar ini mengaku sangat bahagia atas perhatian dan bantuan dari kepolisian kepadanya.

"Saya merasa senang atas perhatian dan bantuan dari Pak Bhabin dan Polsek Rengel, sekali lagi kami sampaikan terima kasih semoga ini bermanfaat untuk saya dan berkah untuk Pak Polisi," ungkap Sungkono sembari menyeka air matanya.

BACA JUGA : 

Tabrak Truk Tronton, Pengendara Motor di Tuban Tewas di Tempat

Kasihan, Hidup Sendirian, Pria di Tuban ini Ditemukan Tewas di Sofa

Coba Kelabui Petugas, Dua Pemudik Cantik asal Surabaya Dihadang di Tuban

Bawa Pemudik Masuk Tuban, Sopir Travel Gelap Asal Malang Diisolasi

Sembari duduk di kursi roda barunya itu, ia menceritakan awal mula ia menderita kelumpuhan. Sambil sesekali menitikkan air mata yang sudah tidak bisa dibendung.

"Ceritanya saat duduk di bangku kelas 1 MTs mengalami kecelakaan ketika naik sepeda ontel. Awalnya sakitnya tidak begitu terasa. Tiga tahun berlalu, saat berenang bersama teman-temannya tiba-tiba kaki dan tangan tidak bisa digerakkan dan hampir saja tenggelam. Untungnya dapat diselamatkan warga," tuturnya lirih.

Hidup di rumah berdinding batu bata seorang diri, niatnya untuk mendapat perawatan hanya sebatas angan-angan mengingat dirinya bukanlah keluarga yang berada. Keinginannya untuk sembuh terpaksa harus dipendam dalam-dalam akibat terkendala biaya.

Karena untuk keperluan dan kegiatan sehari-hari saja ia harus dibantu oleh saudaranya yang tinggal di sebelah rumahnya. Meski begitu, ia tetap selalu bersyukur dan menerima kondisinya sekarang ini.

"Saya tidak bisa membalas apa-apa. Saya hanya bisa doakan semoga Bapak sehat selalu dan diberikan kelancaran rizki oleh Allah SWT," doa Sungkono kepada Bripka Puguh.

Sementara itu, Bripka Puguh Prasetyo menuturkan, sudah beberapa lama dia memperhatikan Sungkono yang aktif di media sosial facebook dengan nama akun "Sabar Pekuwon Rengel". Dari beberapa postingannya itu, ia merasa iba dan terharu sekaligus takjub melihat kondisinya yang ternyata memang begitu memprihatinkan.

"Di tengah keterbatasannya, beliau mampu memberikan hal positif dan bermanfaat di media sosial. Beliau ini juga aktif sebagai admin salah satu Forum Jual Beli di Facebook bahkan hanya dengan satu jari," tuturnya.

Hanya dengan satu jari, Sungkono ini mampu dengan terampil mengetik huruf demi huruf di gawai maupun laptop yang menemaninya sehari-hari. Tentu hal ini merupakan sebuah anugerah dari keterbatasan darinya.

"Tentu hal ini membuat saya merasa bangga dengan beliau, perjuangannya menginspirasi banyak orang, dan sedikit yang kami berikan ini tentu tak sebanding dengan perjuangannya, namun semoga ini bermanfaat," pungkas Puguh.

Apresiasi datang dari Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono atas apa yang dilakukan anggotanya tersebut. Langkah yang dilakukan Bripka Puguh dapat menadi contoh bagi anggota atau Bhabinkamtibmas lain yang peduli dan bisa menyatu dengan warga binaannya.

"Ini kegiatan yang sangat mulia, sekaligus sebagai bentuk kepedulian anggota Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," ucap AKBP Ruruh. (gun/ian)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...