Sabtu, 08 Mei 2021 19:47

BKIPM Surabaya I Bersama Komisi IV DPR RI Salurkan 900 Paket Ikan di Madiun

Selasa, 04 Mei 2021 23:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Hendro Utomo
BKIPM Surabaya I Bersama Komisi IV DPR RI Salurkan 900 Paket Ikan di Madiun
Anggota Komisi IV DPR RI, Muhtarom, S.Sos. (kiri) bersama Kepala Pusat SSK, Teguh Samudro (baju biru) saat menyerahkan bantuan ikan secara simbolis.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka peringatan Bulan Mutu Karantina, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I bersama Komisi IV DPR RI sebagai mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyalurkan 900 paket ikan sehat bermutu di Kabupaten Madiun, Selasa (4/5/2021).

Madiun menjadi lokasi ke 5 dari 7 lokasi setelah sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan di Kabupaten Jombang, Blitar, dan Probolinggo, dengan total 3.600 paket dan 1.100 Ikan Bandeng dan Layur.

Kepala BKIPM Surabaya I, Muhlin mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya menyediakan asupan protein bagi masyarakat kurang mampu untuk menambah kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

“Untuk kegiatan kita pada tahun ini karena kondisi pandemi Covid-19, bagaimana kita menyediakan asupan protein dalam rangka meningkatkan imun tubuh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA : 

Tak Terdampak Pandemi, BKIPM Surabaya 1 Ekspor Ikan dan Produk Perikanan ke Sejumlah Negara

Kepala DPMD Kabupaten Madiun: Desa Mandiri Jangan Hanya Sekadar Status Saja, Wujudkan Sesuai Realita

Wali Kota Madiun Pastikan Pembangunan RRT Berdampak Positif bagi Ekonomi Masyarakat

Tingkatkan Konsumsi Ikan di Kabupaten Madiun, KKP dan Komisi IV DPR RI Gelar Safari Gemarikan

Penyediaan dan penyaluran bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat ini berkat dukungan dan persetujuan dari Komisi IV DPR RI sebagai mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ke depan diharapkan, kegiatan ini berkelanjutan dengan jumlah dan kualitas paket semakin meningkat sehingga dapat menyentuh lebih banyak masyarakat.

Anggota Komisi IV DPR RI, Muhtarom, S.Sos., mengatakan, sosialisasi dan motivasi kepada masyarakat tentang konsumsi ikan perlu dilakukan mengingat tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur dan Madiun masih sangat rendah.

“Memberikan sosialisasi dan motivasi kepada warga masyarakat betapa pentingnya kita mengonsumsi ikan, karena rata-rata di Jawa Timur ini masih rendah. Kalau di Jawa Timur sudah 36 kilo per kapita per tahun. Tapi khususnya, Madiun ini baru 19 kilogram per kapita per tahun,” kata anggota DPR RI yang pernah menjadi Bupati Madiun dua periode tersebut.

Muhtarom mengapresiasi kepada BKIPM yang menjalankan tugas dengan baik, meski dengan anggaran dan SDM yang terbatas. Menurutnya, kegiatan BKIPM sangat positif bagi warga Madiun dalam pemenuhan gizi melalui distribusi ikan sehat bermutu.

Sementara itu, Penyelenggaraan Bulan Mutu Karantina merupakan kegiatan BKIPM Kementarian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertujuan menyosialisasikan tugas dan fungsi dari BKIPM sesuai UU no 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Menurut Kepala Pusat SSK, Teguh Samudro, ikan yang sehat adalah ikan yang kondisi nutrisinya masih sesuai dengan yang ada di alam, sehingga bermanfaat bagi yang mengonsumsinya.

“Ikan yang sehat dan bermutu adalah ikan yang nilai gizinya masih sesuai dengan kondisinya di alam, sehingga asupan gizi tersebut dapat diserap maksimal oleh tubuh konsumen untuk meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan kecerdasan dan juga meningkatkan pertumbuhan,” katanya.

Kegiatan edukasi dan penyerahan bantuan ikan sehat bermutu dilakukan oleh 47 UPT KIPM di 34 provinsi dengan 78 lokasi diseluruh Indonesia sejak April hingga Juni 2021. Kegiatan ini akan ditutup dengan Pekan Pelayanan Publik dalam rangka memperingati hari pelayanan publik pada tanggal 23 Juni mendatang. (hen/rev)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...