Puluhan Guru Ngaji Kampung di Kediri Dapat Kado Ramadan dari Yayasan Guru Bansa

Puluhan Guru Ngaji Kampung di Kediri Dapat Kado Ramadan dari Yayasan Guru Bansa Yayasan Guru Bansa saat menyerahkan kado Ramadan kepada salah satu guru ngaji kampung (kiri). (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan guru ngaji kampung di Kediri Raya menerima kado Ramadan dari Yayasan Guru Bansa (Guyub Rukun Bantu Sosial), Sabtu (8/5/2021) kemarin.

Yayasan yang bermarkas di Desa Sri Katon, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri ini sengaja memberikan kado menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H sebagai bentuk apresiasi kepada guru ngaji kampung yang tanpa mengenal lelah dan ikhlas telah berjasa mengenalkan baca tulis Alquran dan mengajarkan akhlak mulia.

Aan Junaidi, Ketua Bidang Keagamaan Yayasan Guru Bansa mengungkapkan, guru ngaji kampung selama ini menerima honor sangat minim, bahkan ada yang tidak mendapatkan honor. Tak jarang mereka juga luput dari perhatian pemerintah.

"Dengan pemberian kado Ramadan tersebut, bisa sedikit merasakan kebahagiaan di hari lebaran bersama keluarga," harapnya.

Aan Junaidi menjelaskan bahwa kado Ramadan ini berupa uang tunai sebesar 100 ribu rupiah, 1 toples kue astor, 1 kg gula pasir, 1 kg detergen, 5 buah sabun mandi, 5 bungkus mi instan, 1 kotak teh celup, dan 1 liter minyak goreng yang dibagikan. Total ada 59 guru ngaji yang tersebar di wilayah Kota Kediri dan Kabupaten Kediri mendapatkan kado tersebut.

"Meski nilai dari kado untuk guru ngaji kampung tidak seberapa, diharapkan gerakan ini mampu menginspirasi pihak lain untuk turut peduli pada guru ngaji kampung," terang Aan Junaidi.

Sebelumnya, lanjut Aan, Yayasan Guru Bansa telah memberikan bisyaroh kepada 30 guru ngaji berupa uang sebesar 100 ribu rupiah setiap bulan langsung ke rekening bank mereka. Program bisyaroh ini telah berlangsung sejak 10 bulan lalu, tepatnya Agustus 2020.

Aan menambahkan, keberadaan mereka selaras dengan program vertikal horizontal milik Yayasan Guru Bansa, yaitu kegiatan ngangsu kaweruh kepada ustaz, kiai, dan tokoh agama untuk menggapai cinta dan rida-Nya Allah.

"Program kado Ramadan guru ngaji kampung ini, program baru dari bidang keagamaan, Insya Allah program ini akan dijalankan pada tahun-tahun berikutnya," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...