Kamis, 17 Juni 2021 16:01

Pantau Penanganan Klaster Hajatan, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Lamongan

Jumat, 11 Juni 2021 00:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Pantau Penanganan Klaster Hajatan, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Lamongan
Panglima TNI dan Kapolri didampingi Gubernur, Kapolda, Pangdam V Brawijaya, dan Bupati Lamongan saat apel bersama di Alun-Alun Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito, didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Lamongan, Kamis (10/6).

Kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan melihat secara langsung penanganan klaster Covid-19 di Desa Sidodowo Kecamatan Modo. Diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyanto, bahwa di Lamongan sudah dilaksanakan tindakan mitigasi sesuai dengan prosedur yang ada.

"Saat ini di desa tersebut dilaksanakan isolasi dan pembatasan. Satgas telah melakukan tindakan yang tepat dan terukur, sehingga harapan ke depannya kasus aktif covid juga segera bisa tertekan, dan apa yang dilakukan Bapak Bupati dan seluruh Forkopimda termasuk TNI dan Polri, 3 pilar sudah dilaksanakan dengan baik untuk mengendalikan kasus covid yang ada di Kabupaten Lamongan," ungkap Marsekal Hadi.

Namun, Marsekal Hadi juga mengingatkan 3 pilar yang dalam hal ini Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, dan Kapolres AKBP Miko Indrayana untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mengingatkan masyarakat menggunakan masker. Selain itu, memperbanyak tracing sebagai deteksi dini terhadap ancaman. Juga meningkatkan monitor dan evaluasi dengan meningkatkan fungsi PPKM Mikro, terus memperhatikan jumlah BOR, tenaga kesehatan, dan tempat isolasi, serta melaksanakan vaksinasi.

BACA JUGA : 

Kapolri dan Panglima TNI Gandeng Ulama dan Tokoh Masyarakat Tekan Angka Covid-19 di Bangkalan

Jatim Cetak Tren Vaksinasi Tertinggi se-Indonesia ​dalam Program 'Serbuan Vaksinasi'

Panglima TNI: Jadikan Protokol Kesehatan sebagai Sebuah Kebutuhan

Preman Resahkan Masyarakat, Ini Instruski Tegas Kapolri pada Polda dan Polres

Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengapresiasi manajemen dan penanganan yang dilakukan di Lamongan. "Hampir kurang lebih 1,5 tahun kita berjuang bersama-sama menghadapi perkembangan laju Covid-19. Disiplin 3M, kepatuhan memakai masker sudah berkurang. Perlu diingatkan untuk masyarakat patuh memakai masker dengan melakukan edukasi, mengingatkan, bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama," terang Jenderal Listyo Sigit.

Selain itu, Listyo Sigit juga meminta 3 pilar untuk memonitoring dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PPKM Mikro, termasuk terkait pendistribusian bantuan sosial. Selain itu juga mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi massal.

"Dorong vaksinasi massal, sehingga di Kabupaten Lamongan pun upaya untuk membentuk kekebalan imun (herd immunity) bisa terlaksana. Juga penggunaan masker, penting untuk mencegah penularan covid," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Yuhronur Efendi memaparkan terkait sinergitas 3 pilar di Kabupaten Lamongan dalam penanganan Covid-19. Hal-hal yang sudah dilaksanakan oleh 3 pilar dalam penanganan Covid-19 di Lamongan yakni melaksanakan sosialisasi secara masif terkait protokol kesehatan 5 M, isolasi dan karantina, serta vaksinasi yang sudah mencapai 113.958 dosis.

Bupati Yuhronur juga memaparkan terkait manajemen penanganan kasus Desa Sidodowo, penanganan PMI (Pekerja Migran Indonesia), dan rencana kontijensi jika terjadi ledakan Covid-19 menjelang hari-hari besar ke depannya (Idul Adha, perayaan 17 Agustus, dan perhelatan EURO 2021).

"Sinergitas adalah kunci menuju keberhasilan dalam penanganan covid-19," tuturnya.

Kunjungan Panglima TNI dan Polri diawali dengan pelaksanaan rapat Covid-19 di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. Dilanjutkan peninjauan serbuan vaksinasi yakni pemberian vaksin kepada 2.000 orang, terdiri dari tenaga pendidik dan lansia yang dilaksanakan dalam 4 gelombang. Juga pelaksanaan gelar apel pasukan di Alun-alun Kota Lamongan. (qom/rev) 

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...