Senin, 02 Agustus 2021 23:41

Masuk dalam Kongres X, Gubernur Khofifah Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum IKA Unair

Selasa, 15 Juni 2021 21:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Masuk dalam Kongres X, Gubernur Khofifah Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum IKA Unair
Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bursa Calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) semakin marak dengan masuknya nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam Kongres X IKA UA yang akan berlangsung pada 3 Juli 2021 mendatang.

Khofifah adalah alumnus FISIP angkatan '84 jurusan ilmu politik. Alumnus FISIP Unair pertama yang menjadi Gubernur Jatim itu juga sudah menyatakan kesediaan sebagai Calon Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (PP IKA UA). Kesediaan itu tertuang dalam surat pernyataan tertanggal 14 Juni 2021 yang menyatakan kesediaan sebagai Calon Ketua Umum PP IKA UA Masa Bakti 2021-2025.

Uniknya, meskipun berasal dari FISIP namun dukungan kepada Khofifah justru berasal dari fakultas non-FISIP serta suara wilayah. Sementara FISIP sudah menjatuhkan pilihan ke Dimas Oky Nugroho.

"Saya Pengurus IKA FISIP UA. Kami sudah terikat kesepakatan untuk mendukung Mas Dimas Oky," kata Surokim Abdussalam, Pengurus IKA FISIP UA, Selasa (15/6/2021).

BACA JUGA : 

Forkopimda Jatim Harap Pentahelix Bisa Bersinergi Wujudkan Herd Immunity di Jatim

Hari Anak Nasional 2021, 67 Anak Didik Pemasyarakatan di Jatim Dapat Remisi

Hari Anak Nasional, Gubernur Khofifah: Momentum Berikan Prioritas Vaksin untuk Anak 12 Tahun ke Atas

Bank Jatim Bantu Pemerintah Percepat Vaksinasi

Dukungan tegas untuk Khofifah datang dari IKA UA Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketua IKA UA DIY Emma Zola dengan gamblang mendukung Gubernur Jawa Timur sebagai Ketua Umum IKA UA. Emma meyakini pengalaman kepemimpinan Khofifah merupakan prospek yang dimiliki IKA UA.

Dia memprediksi, derajat organisasi IKA UA akan terus melesat jika di bawah kepemimpinan tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) itu.

"Ada sosok yang patut kita dukung dan perjuangkan untuk jabatan ketua umum IKA Universitas Airlangga, yaitu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.," demikian kata Emma.

Emma kemudian menjelaskan dasar usulan mengajukan Khofifah. Menurutnya, Khofifah adalah perempuan dengan banyak pengalaman, sehingga dia menilai kapasitas untuk memajukan dan mewujudkan visi misi IKA UA tidak perlu diragukan lagi.

Emma kemudian menyebutkan rekam jejak Khofifah sejak muda hingga sekarang ini. Misalnya, pernah menjadi Wakil Ketua DPR di masa Presiden Gus Dur dan Menteri Sosial di masa Presiden Joko Widodo.

"Dari berbagai pengalaman dan karya yang telah beliau tunjukkan, rasanya sangat pantas, kami IKA Airlangga Wilayah DIY mencalonkan Dra, Hj. Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Ketua Umum IKA Periode 2021-2025," urai Emma.

Lebih lanjut, Emma menyebut sosok Khofifah sebagai orang yang layak sebagai ketum IKA UA baru, karena dia nilai akan membawa efek besar bagi penguatan kampus Universitas Airlangga berkelas dunia.

Dia mengajak seluruh alumni Universitas Airlangga agar mendukung penuh Khofifah untuk dicalonkan sebagai ketum IKA UA.

"Beliau akan mampu membawa 'aura' baru kampus UA. Dengan semua pengalaman sebelum dan semasa menjabat Gubernur Jatim, kami yakin mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi IKA Airlangga dan kampus," tuturnya.

Selain dari DIY, IKA UA Wilayah DKI Jakarta juga arah dukungannya ke Khofifah. Hal itu disampaikan M. Dahlan, Alumnus Fakultas Ekonomi '94. Menurut Dahlan, Sekjen IKA UA Wilayah DKI Hari Purnomo punya hubungan dekat dengan Khofifah.

"Sekjen IKA UA DKI Hari Purnomo itu kakak kelas saya di FE. Dia dukung Khofifah," imbuh Dosen UBK Jakarta itu.

Di luar Khofifah, nama yang sudah lebih dahulu muncul ke permukaan adalah Totok Lusida, Ketua Umum REI ini Alumnus Farmasi '84. Lalu ada Dimas Oki Nugroho, Alumnus FISIP '96. Kemudian Mohammad Adib Khumaidi, Alumnus FK '92. (mdr/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...