Selasa, 27 Juli 2021 15:37

Gandeng IAIN Kediri, PWI Bakal Gelar FGD Bisnis Media

Senin, 21 Juni 2021 09:54 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Gandeng IAIN Kediri, PWI Bakal Gelar FGD Bisnis Media
Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyoedi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri berkolaborasi dengan Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam IAIN Kediri akan menggelar FGD (Focus Group Discussion), Selasa (22/6/2021) besok.

FGD yang mengambil tema "Sinergitas Akademisi dan Praktisi dalam Membangun Pengelolaan Bisnis Media di Tengah Pergeseran Teknologi Komunikasi" tersebut akan digelar di Kantor PWI Kediri, Jalan Mayor Bismo No. 37 Kota Kediri.

Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyoedi menjelaskan bahwa kegiatan bersama ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pengelolaan media yang ditandai dengan penurunan oplah media cetak, tidak signifikannya pendengar radio, bahkan market share industri televisi yang terus menurun.

Menurut Bambang, fenomena ini terjadi karena perkembangan teknologi komunikasi yang mengubah pola konsumsi media dengan bertumpu pada new media dan media sosial.

BACA JUGA : 

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Kolaborasi Aksi, Pemdes Gurah dan Relawan Nasdem Kediri Gelar Penyemprotan Disinfektan Door to Door

Songsong Pilpres 2024, PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Siap Amankan Rekom DPP

Edarkan Ratusan Pil Dobel L, Dua Pria di Kediri Ditangkap Polisi

"Perguruan tinggi yang mempunyai konsen dalam bidang komunikasi maupun jurnalistik tentu harus mengikuti fenomena ini dengan menyesuaikan kurikulum maupun sarana dan prasarana seperti laboratorium," ujarnya, Senin (21/6/2021).

Selain itu, lanjut Bambang, pengajar juga didasarkan pada aspek kebutuhan secara profesional. Pengelolaan media sebagai industri harus sedapat mungkin melakukan penyesuaian dengan pergeseran teknologi komunikasi.

"Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan multiplatform media dan melakukan revolusi terhadap sumber daya manusia, baik itu pengelola maupun wartawan/jurnalis untuk dapat memberikan informasi secara cepat, tetapi tidak melupakan akurasinya," tuturnya.

"Tujuan kami menggelar FGD ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada dunia perguruan tinggi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan media saat ini dan mengingatkan praktisi media untuk tidak melupakan pakem pengelolaan media di tengah kompetisi pasar," terang Bambang.

Ditambahkan oleh Bambang, FGD itu akan menghadirkan narasumber, yakni Dr. Prilani (Dosen KPI IAIN Kediri), Dr. Prima Ayu Rizky Mahanani (Dosen KPI IAIN Kediri), Didik Mashudi (Dewan Pembina PWI Kediri), Dwijo Maksum (Praktisi Media), H. Rofik Huda (Andika FM), dan Mega Wulandari (Koran Memo). (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...