Gandeng IAIN Kediri, PWI Bakal Gelar FGD Bisnis Media

Gandeng IAIN Kediri, PWI Bakal Gelar FGD Bisnis Media Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyoedi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri berkolaborasi dengan Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam IAIN Kediri akan menggelar FGD (Focus Group Discussion), Selasa (22/6/2021) besok.

FGD yang mengambil tema "Sinergitas Akademisi dan Praktisi dalam Membangun Pengelolaan Bisnis Media di Tengah Pergeseran Teknologi Komunikasi" tersebut akan digelar di Kantor PWI Kediri, Jalan Mayor Bismo No. 37 Kota Kediri.

Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyoedi menjelaskan bahwa kegiatan bersama ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pengelolaan media yang ditandai dengan penurunan oplah media cetak, tidak signifikannya pendengar radio, bahkan market share industri televisi yang terus menurun.

Menurut Bambang, fenomena ini terjadi karena perkembangan teknologi komunikasi yang mengubah pola konsumsi media dengan bertumpu pada new media dan media sosial.

"Perguruan tinggi yang mempunyai konsen dalam bidang komunikasi maupun jurnalistik tentu harus mengikuti fenomena ini dengan menyesuaikan kurikulum maupun sarana dan prasarana seperti laboratorium," ujarnya, Senin (21/6/2021).

Selain itu, lanjut Bambang, pengajar juga didasarkan pada aspek kebutuhan secara profesional. Pengelolaan media sebagai industri harus sedapat mungkin melakukan penyesuaian dengan pergeseran teknologi komunikasi.

"Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan multiplatform media dan melakukan revolusi terhadap sumber daya manusia, baik itu pengelola maupun wartawan/jurnalis untuk dapat memberikan informasi secara cepat, tetapi tidak melupakan akurasinya," tuturnya.

"Tujuan kami menggelar FGD ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada dunia perguruan tinggi untuk mampu beradaptasi dengan perubahan media saat ini dan mengingatkan praktisi media untuk tidak melupakan pakem pengelolaan media di tengah kompetisi pasar," terang Bambang.

Ditambahkan oleh Bambang, FGD itu akan menghadirkan narasumber, yakni Dr. Prilani (Dosen KPI IAIN Kediri), Dr. Prima Ayu Rizky Mahanani (Dosen KPI IAIN Kediri), Didik Mashudi (Dewan Pembina PWI Kediri), Dwijo Maksum (Praktisi Media), H. Rofik Huda (Andika FM), dan Mega Wulandari (Koran Memo). (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO