Kamis, 29 Juli 2021 13:51

Peringati Haul Bung Karno ke-51, ​Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Senin, 21 Juni 2021 10:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Peringati Haul Bung Karno ke-51, ​Situs Ndalem Pojok Kediri Gelar Doa Bersama Lintas Agama
Kushartono, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri menggelar acara Haul Bung Karno ke-51, Minggu (20/6/2021) malam. Dalam kesempatan itu, juga digelar doa dari lintas agama untuk Sang Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Ir. Soekarno adalah orang tua kita semua. Bapak Bangsa, Penyambung Lidah Rakyat, Proklamator Kemerdekaan, Penggali Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia," ucap Kushartono, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno.

"Bung Karno adalah bapak semua rakyat Indonesia, dengan Soekarno nama Indonesia begitu tingginya di kancah dunia. Siapa saja rakyat Indonesia yang di dalam hatinya tidak merasa bahwa Bung Karno adalah Bapak Bangsa maka perlu dipertanyakan tentang pemahaman sejarahnya," imbuh Kushartono.

"Bung Karno bukan tanpa cacat. Sebagai manusia biasa Bung Karno pasti punya kekhilafan dan itu wajar. Namun kita sebagai anak bangsa harus tetap 'mikul duwur mendem jero' (mengangkat tinggi hal yang baik dan memendam hal yang kurang baik)," tambah Kushartono yang juga Ketua Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Kabupaten Kediri tersebut.

BACA JUGA : 

Ringankan Beban Masyarakat, Polres Kediri Bagikan Sembako untuk Warga Pinggiran Eks Lokalisasi

Wali Kota Kediri Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk 21.998 KPM

Masih Pandemi, Ritualan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kembali Ditiadakan

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Sementara itu, Sikan Abdillah, Ketua Panitia Haul Bung Karno Situs Ndalem Pojok mengatakan bahwa doa bersama lintas agama ini dipimpin oleh para pemuka agama dari semua agama di Indonesia yang resmi diakui pemerintah.

"Doa untuk Bung Karno dipanjatkan sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing yang akan dipimpin oleh para tokoh lintas agama secara bergantian. Jadi kita saling menghormati dan semua bisa mengikuti sesuai keyakinannya," kata Sikan.

Menurut Sikan, dengan berdoa bersama-sama untuk Bapak Bangsa, diharapkan berkahnya akan melimpah kembali kepada diri masing-masing, keluarga, semua rakyat Indonesia, pemerintah Indonesia, tanah air bangsa, dan NKRI.

Acara doa bersama sendiri dimulai tepat pukul 20.00 WIB dengan rangkaian seremonial doa pembuka, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza, pembacaan Pancasila dasar negara, dan Pembukaan UUD 1945. Dilanjutkan dengan pembacaan biografi singkat Bung Karno, baru kemudian doa bersama lintas agama (6 pemuka agama).

Kemudian, acara ditutup dengan ramah-tamah selamatan, sarasehan "Mengenang Jasa Bapak Bangsa, Dapatkan Spirit Perjuangannya," macapat banjaran Bung Karno, doa penutup, dan melantunkan lagu Syukur dan Gugur Bunga. (uji/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...