Rabu, 04 Agustus 2021 23:46

Tanaman Padi ​Diduga Terserang Wereng Cokelat, Petani di Kediri Merugi

Rabu, 23 Juni 2021 11:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Tanaman Padi ​Diduga Terserang Wereng Cokelat, Petani di Kediri Merugi
H. Yasir (70), Warga Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, salah seorang petani yang tanaman padinya diduga terserang hama wereng cokelat. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - H. Yasir (70), Warga Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri adalah salah seorang petani yang tanaman padinya diduga terserang hama wereng cokelat.

Hal itu diketahui karena tanda-tandanya hampir sama seperti tanaman padi terserang hama wereng cokelat. Yaitu daun mengering seperti terbakar dan banyak bulir padi yang kosong. Selain itu, ketika tanaman padinya disibak, terlihat banyak serangga yang beterbangan, termasuk serangga yang berwarna cokelat.

Lahan pertanian H. Yasir berada di desa tetangga, yakni Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen. Selain ditanami padi, lahan pertaniannya juga ada yang ditanami jagung.

H. Yasir mengaku tidak mengetahui apa penyebab persisnya daun padi bisa mengering. Diakuinya, memang banyak serangga yang hinggap di batang dan bulir padi. Serangga semakin banyak, ketika tanaman padi di sekitar lahannya mulai dipanen.

BACA JUGA : 

Akademisi Kebidanan Kota Kediri Sebut Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Hamil

Dibantu Mahasiswa KKN, GP Ansor Kabupaten Kediri Racik Jamu Penambah Imun

Sinergi dengan GMNI, Polres Kediri Kota Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak

Kapolres Kediri Kota Cek Pelaksanaan Vaksinasi Merah Putih Tahap II

"Bisa saja karena terserang wereng cokelat atau serangga jenis lainnya. Pastinya saya tidak tahu. Ketika tanaman padi di sebelah di panen, semakin banyak serangga di lahan padinya," kata H. Yasir ketika ditemui di lahan pertaniannya di Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen, Rabu (23/6/2021) pagi.

Ketika ditanya apakah PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Semen atau petugas dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri sudah pernah mengecek tanaman padinya, H. Yasir mengaku belum pernah.

"Sepengetahuan saya, kok belum pernah ada petugas yang mengecek ke sini. Tidak tahu kalau mengeceknya di tempat lain. Selama ini saya merasa belum pernah didatangi petugas," imbuh H. Yasir.

Tidak ingin tanaman padinya semakin mengering dan semakin merugi, H. Yasir mengaku akan segera memanen. "Tadi saya sudah minta bantuan orang untuk segera memanen. Kata tetangga, padi saya ini masih termasuk baik dan bisa dipanen, karena ada tanaman padi di tetangga desa yang rusaknya lebih parah dan tidak bisa dipanen," ujarnya.

Masih menurut H. Yasir, selain daun padinya banyak yang mengering dan banyak bulir tidak terisi, tanamannya juga banyak yang terserang hama tikus. Namun ia mengaku bersyukur masih bisa memanen meski tidak sesuai harapan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa informasi ini akan disampaikan ke PPL. "Saya sampaikan ke PPL, Mas," kata Anang Widodo, melalui aplikasi WhatsApp. (uji/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...