Mengundang Bahaya, Lampu Penerangan Jalan di Sejumlah Titik Vital Kota Sumenep Banyak yang Mati

Mengundang Bahaya, Lampu Penerangan Jalan di Sejumlah Titik Vital Kota Sumenep Banyak yang Mati Lampu lalu lintas di simpang empat Kecamatan Kota sedang diperbaiki oleh teknisi Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Gigihnya Pemkab Sumenep dalam menanggulangi dampak penyebaran virus Covid-19, mestinya tidak mengurangi kewajiban menjaga keamanan dan keselamatan warganya. Di antaranya, dengan menjaga agar jalanan tetap terang melalui perawatan pada lampu penerangan jalan umum (PJU).

Pasalnya, sejumlah lampu PJU beberapa ruas jalan di Kabupaten Sumenep diketahui tak menyala alias mati. Misalnya, beberapa lampu PJU di Jl. Dr. Cipto. Pantauan wartawan, lampu PJU di ruas jalan ini mati sepanjang kurang lebih satu kilometer, tepatnya dari ujung timur Jl. Dr. Cipto hingga depan Rumah Dinas Wabup Hj. Dewi Kholifah.

"Saya sangat heran, jalan utama kok kurang perhatian, apalagi di depan mata Ibu Wabup," ujar Fahri, salah satu warga, Rabu (30/06/21) kepada BANGSAONLINE.com.

Tidak hanya di Jl. Dr. Cipto, sejumlah lampu lalu lintas di ruas jalan yang lain juga banyak yang mati dan belum mendapat perbaikan. "Seberapa sebesar sih biaya ganti lampu itu. Padahal APBD kita di atas Rp 1 triliun," protesnya.

Padahal, lanjut Fahri, kondisi jalanan yang gelap tidak hanya bisa mengundang kejahatan, tapi juga akan mengganggu keselamatan pengguna jalan raya.

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com, lampu PJU di beberapa titik pusat kota juga banyak yang sudah mati. Bahkan sejumlah lampu lalu lintas banyak bernasib sama, misalnya lampu lalu lintas perempatan Kampung Arab bagian barat. Timer digital di traffic light tersebut juga tidak lagi berfungsi.

Dikonfirmasi terkait padamnya sejumlah lampu PJU di beberapa titik vital di Kota Sumenep, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Sumenep, Edy Purwanto tak menampiknya. Menurut Edy, sejumlah lampu tersebut baru mati sejak 2-3 hari yang lalu.

“Memang betul ada sebagian yang padam, utamanya yang ada di depan rumah Ibu Wabup pas sebelah timurnya RSUD Moh. Anwar yang berhadap-hadapan dengan Kantor Pemkab Sumenep,” jelasnya, Rabu (30/06/21).

Ia berjanji akan segera melakukan perbaikan, termasuk lampu lalu lintas di beberapa perempatan jalan, Kata Edy, saat ini lampu-lampu yang mati tersebut sudah ada yang dalam perbaikan. “Ya pak, semua itu telah menjadi atensi kami, karena ini demi keselamatan pengguna jalan,” katanya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO