Gandeng UMKM Sidoarjo, Mahasiswa KKN UPN Jatim Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi

Gandeng UMKM Sidoarjo, Mahasiswa KKN UPN Jatim Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur yang sedang menempuh program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggandeng pengusaha industri rumahan yang terletak di kawasan Kelurahan Magersari, Sidoarjo. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur yang sedang menempuh program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggandeng pengusaha industri rumahan yang terletak di kawasan Kelurahan Magersari, Sidoarjo. UMKM aneka jenis sabun pembersih kuman dan bakteri ini mampu mengembangkan pemberdayaan masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19.

KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dengan menggunakan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral.

Koordinator KKN Tematik Belanegara UPN Veteran Jawa Timur Silma Nuril Jannah tak menyangka, jadwal KKN bersama teman-temannya harus berbarengan dengan aturan pemerintah saat PPKM darurat. Di mana dalam aturan tersebut, segala bentuk kegiatan masyarakat akan dibatasi. Mulai dari pendidikan, pariwisata, peribadatan, hingga perekonomian.

Meski demikian, dia meyakini mampu menjalani hari-harinya bersama warga sekitar Magersari, Sidoarjo. Silma mengatakan bahwa ada banyak program yang akan dilakukan kalangan mahasiswa KKN di Magersari, Sidoarjo. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, inovasi teknologi, kewirausahaan, kominfo, dan sosial pemberdayaan desa.

Sebagaimana tema yang digagas sebelumnya, yakni Pengembangan Pariwisata Lokal dan Peningkatan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. "Tapi kami akan lebih fokus pada sosial pendidikan dan ekonomi kreatif," ujar Silma, Kamis (8/7/2021).

Adapun untuk mendukung programnya tersebut, dia dan teman-temannya menggandeng seorang pengusaha mandiri asal Kelurahan Magersari, Sidoarjo. Usaha yang dirintis sejak dua bulanan terakhir berlatar dari pergolakan ekonomi masyarakat saat diterpa pandemi Covid-19.

Ya, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan semata, melainkan semua aspek kehidupan. Dampaknya, tak sedikit warga yang kehilangan mata pencahariannya. Hal itulah yang membuat pengusaha tersebut memilih untuk mengembangkan ide-ide kreatif. Salah satunya, membuat aneka jenis sabun pembersih kuman dan bakteri.

"Ada sabun cuci tangan, karbol lantai, pembersih keramik, hand sanitizer, disinfektan, softener, hingga sabun karpet dan mobil," katanya.

Nantinya, kalangan mahasiswa ini akan melakukan sosialisasi terkait pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, melakukan penyemprotan disinfektan dari produk usaha rumahan tersebut, dan membagi-bagikan hand sanitizer serta sabun cuci tangan untuk masyarakat sekitar Magersari, Sidoarjo.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO