Kapolresta Sidoarjo Kunjungi Perusahaan Farmasi, Cek Ketersediaan Obat Pasien Covid-19

Kapolresta Sidoarjo Kunjungi Perusahaan Farmasi, Cek Ketersediaan Obat Pasien Covid-19 Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro (dua dari kiri) saat mendapat penjelasan tentang produksi obat Covid-19 dalam kunjungan ke perusahaan farmasi, Kamis (15/7/2021).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Kamis (15/7/2021), mengunjungi perusahaan farmasi PT Interbat dan PT Bernofarm. Kunjungan ini untuk memastikan produksi obat perawatan bagi penderita Covid-19 yang diproduksi kedua industri farmasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan pasien.

Di sela kunjungan, Kusumo Wahyu Bintoro mengecek ketersediaan obat azitromisin, vitamin D3, dan beberapa macam obat lainnya sebagai daya tahan tubuh. Obat-obat tersebut digunakan untuk kebutuhan medis pasien Covid-19 semenjak pandemi melanda Indonesia.

“Dari dua perusahaan farmasi yang kami kunjungi, secara umum kondisi ketersediaan obat tercukupi, bahkan kapasitas produksi juga ditingkatkan,” ujar Kusumo Wahyu Bintoro.

Ia mengimbau kepada perusahaan farmasi, toko-toko obat, juga rumah sakit agar tidak memainkan stok maupun harga obat di tengah masa pandemi sekarang. Masyarakat pun diimbau agar tidak panik, karena stok obat bagi pasien Covid-19 sejauhi ini masih mencukupi karena industri farmasi masih terus melakukan produksi. Distribusi juga tidak ada kendala.

Ketersediaan stok obat tersebut, juga disampaikan Plan Manager PT Interbat Tekad Agustono. Ia mengakui kebutuhan obat meningkat di tengah melonjaknya Covid-19 di Indonesia. Permintaan yang meningkat adalah obat azitromisin dan vitamin D3.

“Sampai saat ini tidak ada kendala, jumlah produksi kami tambahi dan proses distribusi kami upayakan secepatnya,” ujarnya.

Hal yang sama mengenai ketersediaan obat bagi pasien Covid-19, juga dipastikan saat mengecek ke PT Bernofarm. Kepada manajemen perusahaan farmasi yang ada di Tebel, Gedangan tersebut, ia mengimbau agar produksi diprioritaskan untuk obat-obatan bagi pasien Covid-19.

Simoun, dari PT Bernofarm membenarkan jika kebutuhan obat jenis vitamin untuk daya tahan tubuh di tengah masa pandemi meningkat. Namun sejauh ini, di tempatnya tidak ada kendala. (cat/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO