Ratusan Mahasiswa Unirow Tuban Jalani KKN di Tengah Pandemi Covid-19

Ratusan Mahasiswa Unirow Tuban Jalani KKN di Tengah Pandemi Covid-19 Proses pemberangkatan 405 mahasiswa Unirow Tuban dari berbagai program studi yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan diikuti seluruh civitas akademika, Kamis (22/7/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe () Tuban diterjunkan ke masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Proses pemberangkatan sebanyak 405 mahasiswa dari berbagai program studi itu dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti seluruh civitas akademika, Kamis (22/7/2021).

KKN tahun ini dilaksanakan di tiga kabupaten yang tersebar di 25 desa. Dengan rincian, Kabupaten Tuban sebanyak 19 desa, Lamongan 5 desa, dan di Rembang 1 desa.

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Tuban Hendra Suwardana menjelaskan, KKN merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN tematik kali ini mengambil tema "Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Kampung Tangguh di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka", untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini.

"Adanya KKN ini dapat membantu tugas-tugas pemerintah dalam melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 serta memberikan semacam blue print terhadap pengembangan potensi ekonomi lokal yang ada kepada pemerintah," jelas Hendra.

Sementara itu, Rektor Tuban Supiana Dian Nurtjahyani memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, KKN menjadi program utama dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tujuan utama menghasilkan lulusan dan kompetensi lulusan yang mengikuti zaman.

"KKN ini memiliki tiga tugas utama dalam bersinergi dengan pemerintah daerah yaitu membantu pencegahan penyebaran Covid-19, menggali potensi lokal daerah, dan menggali potensi desa," jelasnya.

Lihat juga video 'Bocah di Tuban ini Punya Nama 19 Suku Kata, Orang Tua Kesulitan Urus Akta Lahir':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO