Warga Tanggulangin Dilatih Bikin Jamu Tangkal Covid-19, Caranya Mudah

Warga Tanggulangin Dilatih Bikin Jamu Tangkal Covid-19, Caranya Mudah Jamu tangkal Covid-19 resep praktisi herbal untuk meningkatkan imunitas.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepala Desa, Ketua dan Anggota PKK, serta Relawan Covid-19 se-Kecamatan Kabupaten Sidoarjo dilatih membuat jamu di kantor Kecamatan , Jumat (23/7). Tujuan digelarnya pelatihan ini untuk membudayakan masyarakat mengonsumsi dan membuat minuman sehat sebagai upaya menangkal virus dan memperkuat imunitas.

Camat Sabino Mariano menyebut kegiatan tersebut sebagai langkah untuk menguatkan imun warga. Harapannya, para kepala desa, relawan, ibu-ibu PKK yang diajari oleh praktisi bisa menyebarkan ilmunya ke tempat mereka masing-masing.

"Nanti di level RT, RW, atau kelompok bisa dipraktikkan membuat jamu sehat. Di sini kami latih dulu agar mereka bisa menyebarkan ilmunya ke yang lain," cetus Sabino.

Dirinya menyebut, relawan praktisi juga siap melakukan pedampingan pembuatan jamu ke tiap desa.

Sementara itu, praktisi Dalang Kuswanto menyebut seluruh komposisi jamu tersebut banyak ditemui di lingkungan sekitar masyarakat. "Hanya dua bahan yang agak asing, yakni delingu dan bangle," katanya.

Menurut Kuswanto, dua bahan itu susah ditemui karena tanaman leluhur. Delingu dulu digunakan obat radiasi atau sawan. "Efeknya untuk meningkatkan imun, kelistrikan tubuh, mereproduksi sel pernapasan," katanya.

Selain itu, komposisi lain adalah jahe merah karena banyak mineral lengkap, serta kencur. "Semua direbus sampai mendidih dan dibiarkan dingin lalu diminum," katanya.

Jamu itu untuk penguatan imun dan memaksimalkan fungsi organ tubuh. "Kami siap mendampingi terus bagi warga yang juga ingin membuat jamu," katanya. Karena meningkatkan imunitas, jamu tersebut efektif mencegah virus termasuk Covid-19. Sebagai alternatif alami untuk mengobati Covid-19. "Banyak penderita Covid-19 yang membaik setelah minum," oungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO