Permudah Akses Vaksinasi, Pemkot Kediri Beri Layanan Jemput Antar Penyandang Disabilitas

Permudah Akses Vaksinasi, Pemkot Kediri Beri Layanan Jemput Antar Penyandang Disabilitas Salah satu penyandang disabilitas saat disuntik vaksin oleh petugas. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - memberikan layanan penjemputan bagi penyandang disabilitas yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19 di Taman Sekartaji pada Rabu (18/8/2021) pagi.

Terdapat 29 sasaran dari 3 kecamatan yang dijemput menggunakan mobil dinas sosial dan dinas kesehatan. Layanan ini untuk mempermudah para penyandang disabilitas mendapatkan akses vaksinasi.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan angka kematian pasien Covid-19 di Kota Kediri yang belum mendapat vaksinasi sebesar 86%, sehingga memprioritaskan kelompok-kelompok yang rentan terpapar Covid-19 untuk segera divaksinasi termasuk para penyandang disabilitas.

"Dalam hal ini, tidak hanya memberi vaksinasi. Namun, kami juga memfasilitasi penjemputan untuk para penyandang disabilitas agar bisa hadir vaksinasi. Hal ini sebagaimana selama ini telah dilakukan dinas perhubungan yang membantu jemput antar para penyandang disabilitas ketika ada kegiatan dan juga menyediakan angkot khusus untuk mereka ke SLB," ujar Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut mengatakan tidak ada persyaratan khusus untuk mendapat layanan jemput antar kali ini. Dinas sosial mendata siapa saja yang membutuhkan bantuan penjemputan, lalu dikumpulkan di kelurahan untuk dijemput.

"Karena beberapa bisa kesulitan sarana prasarana untuk datang ke tempat vaksinasi, maka kami jemput. Nantinya dari pihak kelurahan juga akan mendampingi dan membantu proses pendaftarannya," ujar Kutut.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO