Herd Immunity di Ngawi Masih Jauh dari Target

Herd Immunity di Ngawi Masih Jauh dari Target Yudono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. (foto: ist)

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Target herd immunity di Kabupaten Ngawi ternyata masih jauh dari harapan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi Yudono saat ditemui BANGSAONLINE.com, Senin (6/9/2021).

Ia menjelaskan, dari jumlah penduduk Kabupaten Ngawi sekitar delapan ratus ribu lebih, ternyata belum separuhnya menerima suntik vaksin. Itu artinya, belum memenuhi syarat target herd immunity nasional yang harus mencapai 70 persen dari jumlah penduduk yang ada.

"Jadi target nasional itu harus minimal mencapai 70 persen dari jumlah penduduk," jelasnya.

Ia menerangkan, hingga saat ini baru 33 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Ngawi yang sudah menerima suntik vaksin. Menurut Yudono, redahnya capaian vaksin di Ngawi disebabkan sejumlah kendala, salah satunya terkait ketersediaan vaksin itu sendiri yang memang terbatas.

"Selama ini jumlahnya kan terbatas, kita harus menunggu. Mungkin mulai bulan ini sudah agak lancar. Selain dari dinkes provinsi ada dari TNI Polri dan ini sudah mulai dari parpol juga masuk," terangnya.

Ia menuturkan, kalau memang pendistribusian vaksin lancar, dimungkinkan akhir tahun 2021 ini dapat segera tercapai target herd immunity di Kabupaten Ngawi.

"Ya kita sabar saja. Kalau dari TNI Polri dan parpol nantinya cepat berarti akhir tahun ini bisa tercapai. Kita semangat saja," pungkasnya. (nal/sof/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO