Mucul Asap, Warga Binaan Lapas Surabaya Berhamburan Keluar Blok

Mucul Asap, Warga Binaan Lapas Surabaya Berhamburan Keluar Blok Warga binaan sedang diberikan pengarahan tentang simulasi penanganan situasi darurat.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - “Pak tolong, Pak... Kebakaran, Pak..! Panas...!!!,” teriakan itu keluar dari mulut warga binaan Lapas I Surabaya saat melihat asap keluar dari stop kontak kamar hunian.

Mendengar teriakan tersebut, petugas regu pengamanan dengan sigap membuka satu per satu kunci terali. Semakin malam, lapas yang terletak di Porong itu semakin mencekam. Warga binaan yang panik pun berhamburan keluar blok.

Begitulah suasana di Lapas Surabaya pada Kamis (9/9) malam. Suasana darurat yang begitu mencekam itu memang sengaja diciptakan pihak lapas yang dihuni sekitar 1.900 warga binaan itu. Ya, lapas yang dipimpin Gun Gun Gunawan itu memang sedang melakukan simulasi penanganan situasi darurat.

Kegiatan yang berlangsung selama satu jam itu diikuti oleh warga binaan Blok B dengan sangat antusias. Simulasi pun dibuat semirip mungkin dengan kejadian aslinya. Properti seperti pembuat asap menambah suasana semakin mencekam. Beberapa WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) bahkan ada yang sampai lupa memakai baju dan segera meninggalkan kamar menuju titik kumpul.

“Ini hanya simulasi penanganan kejadian luar biasa,” ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Surabaya Gatot Harisaputro.

Menurut Gatot, edukasi keadaan darurat sangat perlu dilakukan di lapas. Sehingga, warga binaan bisa memiliki pemahaman yang baik ketika situasi genting tiba-tiba terjadi.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO