Ada Peserta di London dan Riyadh, SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Dimulai Hari Ini

Ada Peserta di London dan Riyadh, SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Dimulai Hari Ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi tersebut di Graha Unesa Surabaya, Selasa (14/9). Foto: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan Non Guru di lingkungan Pemprov Jatim Tahun 2021 resmi dimulai. Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi tersebut di Graha Unesa Surabaya, Selasa (14/9).

Total peserta yang mengikuti tes tersebut sebanyak 25.563 peserta yang terdiri dari peserta CPNS sebanyak 24.529 peserta dan PPPK Non Guru sebanyak 1.034 peserta. Untuk peserta CPNS sendiri terbagi menjadi 23.158 orang pelamar umum, 17 disabilitas, dan 34 cumlaude. Waktu pelaksanaan untuk SKD CPNS sendiri dimulai dari tanggal 14 September - 5 Oktober 2021. Sedangkan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru akan dimulai 6 Oktober 2021.

Sedangkan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021 dan bertempat di SMA/SMK Kabupaten/Kota.

Selain pelaksanaan tes yang digelar di Graha Unesa Surabaya, tercatat ada 4.356 peserta seleksi kompetensi pegawai ASN Pemprov Jatim yang mengikuti tes di luar Provinsi Jatim dengan rincian 4.350 peserta di luar provinsi Jatim, dan 6 peserta melakukan tes di luar negeri. Titik lokasi tes tersebut tersebar di kantor BKN/Kantor Regional/UPT BKN seluruh Indonesia. Sedangkan lokasi tes di luar negeri yakni Riyadh (3 orang), Tokyo (1 orang), (1 orang), dan Kinabalu (1 orang).

Pelaksanaan tes di Graha Unesa sendiri dibagi dalam tiga sesi (Sabtu-Kamis), dan dua sesi (khusus Hari Jum’at). Untuk pelaksanaan tiga sesi terbagi menjadi pukul 08.00 WIB, 11.00 WIB, dan 14.00 WIB. Sedangkan waktu pelaksanaan dua sesi terbagi menjadi pukul 08.00 WIB dan 15.00 WIB.

Proses pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi di Graha Unesa ini sendiri menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dibuktikan dengan berbagai proses yang harus dilakukan oleh panitia dan peserta sebelum mengikuti tes tersebut.

Para peserta diwajibkan membawa surat keterangan bebas Covid-19 atau swab test Antigen/PCR, Formulir Deklarasi Sehat, serta vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Untuk panitia juga dilakukan tes swab antigen/PCR secara berkala. Kemudian saat di lokasi, baik peserta maupun panitia dilakukan pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker dan direkomendasikan memakai face shield, serta wajib cuci tangan pakai sabun. Peserta juga diminta menjaga jarak saat antrean.

Penataan meja tempat pelaksanaan tes secara Computer Assisted Test (CAT) juga diatur sedemikian rupa sehingga berjarak antar satu peserta dengan yang lain. Panitia juga rutin melakukan disinfeksi baik di kursi, meja, komputer dan ruangan tes sebelum dimulai tes di tiap sesinya. Bagi peserta yang hasil swabnya positif, panitia menyediakan bilik khusus dan terpisah dengan peserta lain.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO