PLN Lakukan Penggantian 44 Keping Isolator di SUTT 150 kV Karang Pilang - Rungkut

PLN Lakukan Penggantian 44 Keping Isolator di SUTT 150 kV Karang Pilang - Rungkut Tim PDKB saat melakukan pemeliharaan jaringan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com -  Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melaksanakan penggantian 44 keping isolator di wilayah Karang Pilang - Rungkut. Penggantian isolator disebabkan adanya isolator yang sudah tidak bekerja secara optimal pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) lantaran terjadinya korosi.

Sekitar 8 jam, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) UPT Surabaya melakukan penggantian isolator dengan mengerahkan 10 personel pada Tower 06 SUTT 150 kV Karang Pilang - Rungkut.

General Manager UIT JBM Suroso mengatakan, wilayah Karang Pilang - Rungkut merupakan kawasan padat pelanggan industri, sehingga berupaya meminimalisir potensi terganggunya suplai aliran listrik kepada para pelanggan potensial yang menggunakan layanan jasa kelistrikan dalam kegiatan industri.

“Saat ini aktivitas produksi perindustrian sudah kembali normal, sehingga suplai ke kawasan industri harus terjaga. Salah satunya kawasan industri yang ada di rungkut dan sekitarnya dengan jumlah sekitar 370 pelanggan industri yang disuplai dari GI Rungkut. Sehingga kami menjaga kualitas suplai listrik ke daerah tersebut, salah satunya dengan melakukan pekerjaan (penggantian isolator) tanpa padam,” tuturnya, Senin (20/9).

Menurutnya, penggantian isolator memerlukan penanganan yang cepat, karena berdampak terputusnya rangkaian isolator sehingga konduktor (kabel) terjatuh. Hal itu menyebabkan keandalan sistem dan kontinuitas penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan menjadi terganggu.

Penanganan cepat yang dilakukan Tim PDKB merupakan bentuk komitmen dalam mendukung berjalannya industri sebagai pergerakan perekonomian. Dengan melaksanakan pekerjaan tanpa padam, berhasil menyelamatkan daya.

“Dengan pekerjaan ini, dapat memastikan jaringan transmisi dalam menyalurkan energi listrik tetap andal. Sehingga tidak menyebabkan gangguan signifikan pada pergerakan aktivitas industri. Kami juga menyelamatkan kurang lebih 53 MW dengan dilakukannya pekerjaan tanpa padam,” jelasnya.

Dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, memastikan seluruh tim menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Kecekatan pada upaya perbaikan ini menunjukkan kesiapan instalasi UPT Surabaya untuk menjamin kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan yang diberikan . (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO