Kenalkan Wisata Heritage, Komunitas Angkutan Wisata Jember Ajak Wartawan ke Tempat-Tempat Bersejarah

Kenalkan Wisata Heritage, Komunitas Angkutan Wisata Jember Ajak Wartawan ke Tempat-Tempat Bersejarah Komunitas Angkutan Wisata Jember mengajak wartawan di Jember bersama-sama tamasya berkeliling menikmati luar biasanya heritage Jember melalui Jember City Tour dengan Bus Damri, Rabu (29/9).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabupaten sejak dulu dikenal dengan potensi alam yang melimpah, salah satunya sektor pertanian yakni tembakau. Tanaman itu hingga saat ini menjadi salah satu komoditas terbaik di dunia. Sehingga mampu mengenalkan sebagai Kota Tembakau.

Sisi lain yang tak kalah menarik yakni keberadaan bangunan kuno yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Kota Pandhalungan ini menyimpan banyak bangunan yang bernilai sejarah bagi peradaban masyarakat .

Oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) , tempat-tempat tersebut sekarang dijadikan wisata edukasi. yang diharapkan dapat menambah pengetahuan wisatawan tentang sejarah Kabupaten .

Wisata edukasi itu diinisiasi oleh pemerintah saat ini di bawah kepemimpinan Bupati Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati (Wabup) Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Diharapkan perekonomian bisa terangkat melalui sektor pariwisata.

Untuk menunjang hal itu, Pemkab melalui dinas perhubungan dan dinas pariwisata baru-baru ini meluncurkan angkutan wisata dilengkapi dengan pemandunya. Sehingga wisatawan yang datang tidak hanya melihat bangunan bersejarah tersebut, namun juga mendapat pengetahuan tentang sejarah bangunan tersebut.

Bangunan kuno yang memiliki nilai sejarah tentang peradaban masyarakat , salah satunya yakni, Gereja Katolik yang berada di Jl. R.A. Kartini No. 26 Kecamatan Kaliwates, Masjid Jamik (Al Baitul Amin), Kantor Pemkab , Pasar Induk (Pasar Tanjung), Kentor PTPN XII dan Masjid Roudhotul Muchlisin.

Dalam rangka memperkenalkan pariwisata tersebut, Komunitas Angkutan Wisata mengajak wartawan di bersama-sama tamasya berkeliling menikmati luar biasanya heritage melalui City Tour dengan Bus Damri, Rabu (29/9).

Hasti sebagai pemandu wisata, memberi penjelasan satu per satu kepada wartawan yang ikut dalam agenda tersebut.

Menurutnya, di masa pandemi seperti sekarang ini, wisata edukasi di dalam kota itu menjadi alternatif bagi wisatawan. “Kita memaksimalkan potensi wisata di dalam kota sebagai destinasi wisata baru untuk menyikapai wisata di masa pandemi ini,” ujar Hasti saat menjadi pemandu wisata edukasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 siang.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO