BLUD Puskesmas Dukuh Klopo Jombang Gelar Vaksinasi untuk ODGJ

BLUD Puskesmas Dukuh Klopo Jombang Gelar Vaksinasi untuk ODGJ Petugas dari BLUD Puskesmas Dukuh Klopo Jombang saat menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada ODGJ

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Jombang saat ini terus menggiatkan vaksinasi untuk masyarakat. Melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Dukuh Klopo, vaksinasi Covid-19 dilakukan kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Dengan populasi ODGJ mencapai 176 jiwa, BLUD Puskesmas Dukuh Klopo menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada puluhan ODGJ di wilayah kerjanya. Pelaksanaan vaksinasi terbagi menjadi 2 tahapan dengan 2 jenis vaksin yang berbeda.

"Meskipun kendala yang dihadapi saat pelaksanan Vaksinasi Covid-19 cukup sulit, BLUD Puskesmas Dukuh Klopo dan Posyandu Jiwa Pelita Harapan berhasil menuntaskan vaksinasi dosis lengkap (dosis 1 dan 2) kepada 50 ODGJ," ujar Kepala Puskesmas Dukuh Klopo, Nanik, Jum'at (01/10).

Ia mengungkapkan, selain sulit berkomunikasi dalam pelaksanaan skrining kesehatan beserta penolakan oleh ODGJ yang akan disuntik, kurangnya dukungan keluarga untuk mengantarkan ODGJ ke Posyandu juga menjadi salah satu faktor tidak maksimalnya angka cakupan vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

"Dari pengalaman itu, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap 2 dengan jenis vaksin Sinopharm dilaksanakan secara door to door dengan melibatkan 3 pilar," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...