Peringati Hari Batik Nasional, Anggota Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng Pakai Batik

Peringati Hari Batik Nasional, Anggota Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng Pakai Batik Agus Timbul (depan kiri) bersama anggota Kosti Kediri saat ngonthel bareng Memakai batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional di Kawasan Simpang Lima Gumul Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Onthelis sepeda tua yang tergabung dalam Tua Indonesia (Kosti) Kediri ikut menyemarakkan peringatan Hari Batik Nasional. Mereka bersepeda memakai baju batik di Kawasan , Minggu (3/10).

Koordinator Acara, Agus Timbul, mengatakan bahwa kegiatan tersebut harusnya dilaksanakan kemarin, Sabtu (2/10), tepat dengan peringatan Hari Batik Nasional. Tapi, banyaknya anggota yang masih bekerja saat itu membuat agenda digeser hari ini.

"Acara ngonthel bareng memakai batik untuk memperingati Hari Batik Nasional ini, juga merupakan imbauan dari DPP Kosti. Karena masih di masa pandemi, acara ngonthel bareng pakai batik, hanya dilakukan oleh masing-masing paguyuban. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan," ujarnya.

"Apa yang kami lakukan ini (bersepeda mengenakan batik) adalah sebagai bentuk kecintaan kami terhadap batik yang merupakan peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan," tuturnya menambahkan.

Menurut dia, rute yang dilalui juga tidak terlalu jauh. Hanya di sekitar kawasan saja, sekitar 5 kilometer (km). 

Karena masih dalam masa pandemi, acara ngonthel bareng tersebut tidak dilakukan secara terpusat, namun dilakukan oleh masing-masing paguyuban anggota . Itu pun hanya diikuti oleh beberapa anggota saja dengan menerapkan protokol kesehatan terutama tetap memakai masker. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO