HUT TNI, Dankodiklatal Ziarah Makam Gus Dur

HUT TNI, Dankodiklatal Ziarah Makam Gus Dur Dankodiklatal Laksdya TNI Nurhidayat saat tabur bunga di Makam Gus Dur. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2021, Pejabat TNI melakukan ziarah ke Makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks makam Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Senin (04/10/21).

Rombongan pejabat TNI yang turut hadir dalam ziarah tersebut yakni Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal), Laksamana Madya (Laksda) TNI Nurhidayat, didampingi Kepala Staf Divisi Infanteri (Kasdivif) 2/Kostrad, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tjaturputra Gunadi Genah.

Selain itu juga dihadiri oleh Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Wadan Lantamal V Surabaya, Danlanud Surabaya, Danrem 082, Wakapolda Jatim, Dandim 0814, Bupati Jombang, DPRD Jombang, Dansatrad 222/Ploso, serta para undangan yang hadir.

Upacara ziarah dipimpin oleh dankodiklatal, dimulai dari penghormatan kepada arwah para pahlawan, lalu mengheningkan cipta, serta peletakan karangan bunga dan tabur bunga di Makam Gus Dur. Rombongan pejabat TNI AL juga didampingi oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin).

Dikatakan Laksda TNI Nurhidayat, bahwa ziarah ini dilakukan untuk menjaga tradisi dan mewarisi semangat juang para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia melalui keringat dan tumpah darah. Hal ini harus dicontoh para generasi muda.

"Mereka menjadi pahlawan yang berjasa kepada negeri ini, perlu kita patut untuk mengikutinya. Dengan adanya kita ziarah, kita akan mengingat jasa beliau. Dan kita harus mempersiapkan diri untuk meneruskan," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...