Khofifah Kunjungi ​Pasar Mama-Mama Papua, Pedagang Senang, Berharap Gubernur Jatim Balik Lagi

Khofifah Kunjungi ​Pasar Mama-Mama Papua, Pedagang Senang, Berharap Gubernur Jatim Balik Lagi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura, Minggu (3/10) malam usai semua event selesai. foto: Humas Pemprov Jatim

JAYAPURA, BANGSAONLINE.com - Di sela-sela kunjungannya ke Papua guna memberikan semangat kepada para atlet Jawa Timur yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura, Minggu (3/10) malam usai semua event selesai.

Belasan noken diborong Khofifah yang rencananya akan dibagikan ke sejumlah kawan yang pesan saat mereka tahu dirinya ke Papua. Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.

“Teman-teman saya banyak mengetahui saya ada di Jayapura. Beberapa di antaranya ada yang minta dibawakan oleh-oleh khas Papua,” ungkap Khofifah.

Tidak hanya noken, Khofifah juga memborong berbagai buah-buahan, khususnya pisang kepok merah yang dijual para pedagang, termasuk sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk tesebut merupakan hasil kerja sama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat.

Menurut Khofifah, aksi borongnya tersebut merupakan bagian dari upaya turut mendorong pemulihan perekonomian masyarakat serta menyemangati mama-mama penjual di pasar sini yang terdampak akibat Pandemi Covid-19. Mengingat, pandemi berdampak besar pada roda perekonomian masyarakat, utamanya pelaku UMKM.

Di Pasar Mama-Mama Papua tersebut, Khofifah tampak begitu menikmati suasana pasar. Khofifah juga bercengkerama dan mengajak para pedagang berbincang dan membagi-bagikan kue spikoe yang notabene adalah panganan khas Surabaya - Jawa Timur. Khofifah mengatakan, bahwa kunjungannya ke Pasar Mama-Mama Papua ini bukan yang pertama. Di antara mereka cukup banyak yang mengenal Khofifah sebagai menteri.

Simak berita selengkapnya ...