Momen Hari Batik Nasional, ​Wali Kota Batu Serahkan Penghargaan kepada Maestro Batik Lina Santoso

Momen Hari Batik Nasional, ​Wali Kota Batu Serahkan Penghargaan kepada Maestro Batik Lina Santoso Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko menyerahkan penghargaan kepada Lina Santoso di kediamannya, Jalan Raya Pandanrejo, Bumiaji, Rabu (6/10).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Batik Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu ke-20, bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batu memberikan penghargaan kepada Maestro Batik Lina Santoso.

Penghargaan diserahkan langsung oleh , Hj. Dewanti Rumpoko di kediaman Lina Santoso, Jalan Raya Pandanrejo, Bumiaji, Rabu (6/10).

Lina Santoso merupakan Pembatik Kota Batu yang memiliki karya dengan motif khas pakem seperti kawung, sekar jagat, dan gringsing.

Pemberian penghargaan itu juga tidak lepas dari kontribusi Lina Santoso yang telah melestarikan batik dan mengajarkan generasi muda untuk membatik.

"Ibu Lina ini Maestro Batik baik hati yang tidak segan menurunkan ilmunya kepada lainnya, pembatik-pembatik yang saat ini ada di Kota Batu banyak yang belajar dari beliau," kata Dewanti.

Ia optimis bahwa Batik Kota Batu memiliki prospek bisnis yang bagus karena memiliki keunikan dan ciri khas yang tidak dimiliki daerah lainnya.

"Batik Batu punya prospek untuk menjadi bisnis yang menjanjikan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Saya harap semua warga Kota Batu bisa mencintai dan menghargai batik, khususnya batik yang dibuat pengrajin Kota Batu," imbuhnya.

Sementara Lina Santoso mengaku senang atas penghargaan yang diberikan oleh Wali Kota dan Dekranasda Batu.

"Saya merasa senang, batik ini merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada anak-anak agar bisa diteruskan," pungkasnya. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO