Dipenuhi Bangunan Bersejarah, Kelurahan Pakelan Temukan Potensi Wisata

Dipenuhi Bangunan Bersejarah, Kelurahan Pakelan Temukan Potensi Wisata Salah satu rumah peninggalan Belanda yang akan dijadikan tujuan wisata sejarah dan budaya di Kelurahan Pakelan. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - memiliki banyak sekali bangunan bersejarah yang patut untuk dilestarikan, salah satunya berada di wilayah Kelurahan Pakelan, Kecamatan Kota, yang merupakan eks kawasan pecinan di masa lampau.

Kelurahan Pakelan pun terdorong untuk membangun dan menata lingkungannya menjadi sebuah wisata berciri khas, dengan memanfaatkan nilai sejarah. Tujuannya, untuk lebih memberdayakan masyarakat.

Bahkan, Kantor Kelurahan Pakelan sendiri terdaftar sebagai salah satu cagar budaya yang ada di .

“Sebenarnya selain gedung kantor kelurahan ini, bangunan milik pribadi warga juga banyak yang menjadi bangunan cagar budaya, bahkan ada beberapa bangunan yang berada tidak di pinggir jalan sudah tertutupi bangunan baru,” ungkap Kepala Kelurahan Pakelan Subadi Waluyo, Sabtu (16/10).

Maka dari itu, pihaknya berupaya mengoptimalkan pembangunan gedung cagar budaya yang tersisa memanfaatkan prodamas. Sehingga pembangunan ke depannya dapat selaras dengan lingkungan tanpa harus merubah bentuk bangunan yang ada.

“Jadi kami ingin pembangunan ini memiliki keselarasan dengan bangunan-bangunan tua yang ada di sini. Karena kami ingin mempertahankan arsitektur lama dari bangunan bersejarah supaya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di ,” ujarnya. 

Simak berita selengkapnya ...