Peringati Hari Santri Nasional, TK Al-Hidayah Sidoarjo Gelar Lomba Mewarnai Tokoh Pendiri NU

Peringati Hari Santri Nasional, TK Al-Hidayah Sidoarjo Gelar Lomba Mewarnai Tokoh Pendiri NU Salah satu murid TK Al-Hidayah menunjukkan gambar KH. Hasyim Asy'ari yang telah diwarnai.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober, diperingati oleh Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah, Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo dengan menggelar lomba mewarnai salah satu ulama, tokoh nasional, sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari.

Kegiatan ini sebagai upaya menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dini.

Sekitar 25 anak dengan penuh semangat dan ceria mewarnai sosok pendiri NU pada sebuah lembar kertas, yang telah dibagikan oleh gurunya.

Menurut Kepala TK Al-Hidayah Endang Purwanti, kegiatan itu sengaja dilakukan pihak sekolah sebagai upaya mengenalkan sejak dini KH. Hasyim Asy'ari sebagai sosok pahlawan, ulama besar, dan panutan ormas terbesar di Indonesia. Sehingga kelak sudah ternamam dalam dirinya, jiwa nasionalisme dan cinta NKRI seperti yang telah diajarkan oleh almaghfurlah KH. Hasyim Asy’ari.

“Anak-anak merupakan aset dan pondasi pertama, sehingga perlu penanaman nilai budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari, berakhlak baik, berjiwa sosial, mandiri dan kreatif. Sehingga ketika terjun ke masyarakat nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang hebat, cerdas, bertanggung jawab dan amanah,” kata Endang, Kamis (21/10).

Peringatan hari santri ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti mencuci tangan, mengecek suhu tubuh anak, dan memakai masker. Adapun beberapa kriteria lomba mewarnai di antaranya kerapian, keserasian gambar, warna, dan kreativitas anak-anak.

Untuk menyemarakkan peringatan Tahun 2021 ini, pihak sekolah juga menyiapkan tiga piala bagi juara 1, 2, dan 3, serta hadiah partisipasi bagi 25 anak yang telah mengikuti kegiatan lomba mewarnai. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO