Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Pengmas Vokasi Unair Sosialisasikan Pentingnya PHBS di Desa Semen

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Pengmas Vokasi Unair Sosialisasikan Pentingnya PHBS di Desa Semen Tim Pengmas Vokasi Unair saat menggelar FGD terkait nilai-nilai PHBS dan protokol kesehatan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dosen Fakultas Universitas Airlangga berkolaborasi dengan mitra masyarakat, Pelopor Indonesia, melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Blitar selama satu bulan di setiap akhir pekan.

Belgis, M.Si. selaku ketua tim mengatakan bahwa topik yang menjadi fokus Tim Pengmas ini adalah kesehatan, berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi di Indonesia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan perilaku hidup bersih dan sehat, , dan mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran lokal coronavirus," ujar Belgis.

Kegiatan yang dilakukan setiap akhir pekan di Bulan Agustus 2021 ini, menggunakan metode focus group discussion () dengan mengumpulkan warga untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai dan . Selain, itu Tim Pengmas bersama mitra juga melakukan sosialisasi door to door ke seluruh permukiman warga untuk memberikan sosialisasi, baik dalam bentuk lisan ataupun menggunakan media tertulis.

"Selain menjemput bola kami juga menyediakan paket sanitasi dan multivitamin juga diberikan bersamaan dengan sosialisasi agar masyarakat setempat lebih menyadari pentingnya asupan nutrisi dan vitamin untuk meningkatkan sistem imun dalam menghadapi pandemi," ujar Rizka Oktarianti, M.Sc. salah satu anggota tim menambahkan.

Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, pengetahuan dan kesadaran masyarakat setempat akan perilaku hidup sehat dan meningkat setelah diadakannya program pengabdian masyarakat ini.

"Harapannya, program pengabdian masyarakat ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit Covid-19 dan menghentikan pandemi di Indonesia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Guru Positif Covid-19, PTM di SDN Kebonsari Kota Pasuruan Dihentikan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO