Tinjau Korban Banjir Luapan Kali Lamong, Bupati Gresik Lakukan Ini

Tinjau Korban Banjir Luapan Kali Lamong, Bupati Gresik Lakukan Ini Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat berbincang dengan Camat Kedamean, Arifin, soal dampak banjir di Desa Cermen. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (), bersama , Mochamad Nur Aziz, dan Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail, meninjau lokasi bencana banjir Kali Lamong di Desa Cermenlerek, Kecamatan , Rabu (10/11). Bupati beserta rombongan bertolak ke lokasi tersebut setelah kegiatan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Kedatangan bupati untuk meninjau langsung lokasi kejadian dan juga memantau kondisi korban banjir, serta infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat diterjang luapan Kali Lamong. Dalam agenda tersebut, melihat kondisi jalan penghubung antardesa yang rusak. 

Ia menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera mendatangkan alat berat untuk melakukan perbaikan jalan. "Alat berat akan didatangkan untuk segera melakukan perbaikan agar jalan bisa dilalui kembali oleh masyarakat," ujarnya.

juga menjalin komunikasi dengan korban banjir untuk mendengar langsung keluh kesah warga terdampak banjir. Anggota kelompok gapoktan desa setempat, Sardi, mengadu soal kerugian yang dialami akibat banjir Kali Lamong.

"Sebanyak 4,5 ton pupuk untuk tani rusak Pak Bupati karena terendam banjir, sama sekali tidak bisa dipakai," kata Sardi.

Mendengar hal itu, langsung menghubungi Kepala Dinas Pertanian Gresik untuk mencari solusi terbaik. "Alhamdulillah apa yang dikeluhkan Pak Sardi sudah ditemukan solusinya," ucap .

Ia berpesan agar gapoktan di desa untuk ikut dalam program Makmur. Karena dengan masuk di dalam program tersebut, petani akan mendapatkan banyak keuntungan dan meminimalisir risiko kerugian yang bisa muncul. Setelah berkeliling melihat kondisi jalan rusak, bergeser ke posko bantuan, tepatnya di Balai Desa Cermenlerek. 

Di sana, ia menyalurkan bantuan air bersih hasil CSR dari PT Danone. Kemudian rombongan mengunjungi posko di Balai Desa Gluran Ploso, Kecamatan Benjeng, untuk melihat dapur umum yang sudah disiapkan bagi warga terdampak banjir. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO