Gelar Operasi Zebra Semeru 2021, Polres Tuban Sasar Pelanggar Protokol Kesehatan

Gelar Operasi Zebra Semeru 2021, Polres Tuban Sasar Pelanggar Protokol Kesehatan Personel gabungan saat mengikuti apel Operasi Zebra Semeru 2021 di Mapolres Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru () 2022, Polres menggelar Operasi Zebra Semeru 2021 yang berlangsung selama dua pekan. Agenda tersebut menyasar pengguna jalan yang tidak mematuhi Covid-19.

Kapolres , AKBP Darman, menjelaskan bahwa Operasi Zebra Semeru dilakukan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Selain itu, kata Darman, giat tersebut juga bakal menindak pelanggar di jalan.

"Operasi rutin zebra semeru dimulai hari ini dan berlangsung selama 14 hari. Sasarannya pengguna jalan yang tidak patuh ," paparnya setelah apel gelar pasukan di Mapolres , Senin (15/11).

Ia menekankan kepada jajarannya untuk selalu mengedepankan langkah-langkah persuasif dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait selama operasi berlangsung. Selain itu, lanjut Darman, petugas juga memberi edukasi larangan mudik saat 2022 untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten .

"Mudah-mudahan dengan edukasi pelarangan mudik natal dan tahun baru bisa mengantisipasi Covid-19 varian baru. Ini harus diantisipasi, jangan sampai seperti libur tahun kemarin akhirnya meledak," tuturnya

Menurut dia, ratusan personel akan dipersiapkan untuk mengamankan perayaan 2022. Petugas kepolisian pun disebar di setiap pos pelayanan dan gereja-gereja selama kegiatan akhir tahun tersebut.

"Harapannya nanti di saat pergantian tahun baru, masyarakat jangan terlalu euforia. Karena masih level 3, jangan sampai terjadi kerumunan yang mengakibatkan klaster baru," kata Darman.

Angka kecelakaan tahun ini cenderung meningkat sekitar 12 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk itu, lanjut Darman, masyarakat diminta untuk selalu waspada dan menjaga mobilitas di saat pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya operasi Zebra tahun ini juga bisa menekan angka Laka lantas," ujarnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Guru Positif Covid-19, PTM di SDN Kebonsari Kota Pasuruan Dihentikan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO