Masuk Top 30 Kovablik, SiPraja Sidoarjo Bakal Direplikasi ke Seluruh Wilayah di Jawa Timur

Masuk Top 30 Kovablik, SiPraja Sidoarjo Bakal Direplikasi ke Seluruh Wilayah di Jawa Timur Menpan RB, Tjahjo Kumolo, saat menyerahkan penghargaan Top 30 Kovablik kepada Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com dari aplikasi SiPraja (Sistem pelayanan rakyat Sidoarjo) masuk Top 30 pada ajang Kompetisi Pelayanan Publik (Kovablik) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Bahkan, inovasi tersebut akan direplikasikan ke seluruh wilayah kabupaten/kota di Jatim.

SiPraja merupakan aplikasi yang dikembangkan Bagian Pemerintahan dan Bagian Organisasi Setda Sidoarjo dalam melayani perizinan dan non-perizinan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Aplikasi berbasis website dan android ini diklaim mampu memangkas birokrasi karena masyarakat bisa langsung mengurus dari rumah tanpa harus datang ke desa maupun kecamatan.

"Aplikasi SiPraja memotong birokrasi pelayanan yang sebelumnya prosesnya terlalu lama, terlalu banyak yang harus dilewati. Sekarang masyarakat bisa langsung mengurus dari rumah. Lebih hebatnya lagi, dengan aplikasi SiPraja masyarakat bisa memantau progres pengajuan surat apakah sudah diverifikasi atau belum. Itu bisa langsung dipantau real time," kata (Gus Muhdlor), Jumat (19/11).

Simak berita selengkapnya ...