PPKM Level 3 Saat Libur Nataru Diprediksi Membuat Pertumbuhan Ekonomi Turun

PPKM Level 3 Saat Libur Nataru Diprediksi Membuat Pertumbuhan Ekonomi Turun Kodrat Sunyoto, Anggota Komisi E DPRD Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali pada libur akhir tahun, dinilai akan memberikan dampak penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Berdasarkan Laporan BPS Jatim, bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur terjadi kenaikan sebesar 3,03 persen pada triwulan ke-3 Tahun 2021. Jawa Timur menjadi penyumbang pertumbuhan perekonomian terbesar di Pulau Jawa pada periode tiga bulan ketiga di tahun 2021.

Hal itu direspons Anggota Komisi E , . Menurut dia, penerapan PPKM level 1 dan level 2 pada sebagian besar daerah di Jatim mampu menunjukkan tren positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Jika Pemerintah Pusat menerapkan pada semua daerah di Pulau Jawa dan Bali mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, hal ini tentunya akan berdampak pada penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi di Jatim dan peningkatan masyarakat miskin serta penurunan kegiatan usaha masyarakat," kata Kodrat, Senin (22/11/2021).

Ketua Fraksi Partai Golkar ini pun memiliki pendapat lain guna mencegah penyebaran Covid-19 selama libur panjang Natal tanggal 25-26 Desember 2021 dan tahun baru 2022 ().

Simak berita selengkapnya ...