Sri Untari: Guru Tonggak Penjaga Etika dan Pendidik Bagi Generasi Bangsa

Sri Untari: Guru Tonggak Penjaga Etika dan Pendidik Bagi Generasi Bangsa Dr. Sri Untari Bisowarno, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Bisowarno menyatakan, guru merupakan sosok pahlawan tanpa tanda jasa karena pengabdiannya tak kenal lelah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurut Untari, guru bukan hanya sekadar menjalankan tugas sebagai seorang pengajar, namun lebih dari itu, secara filosofis guru juga merupakan seorang pembimbing bagi generasi penerus bangsa untuk mempraktikan nilai-nilai etika yang berbudi luhur dan perilaku yang berkeadaban.

"Guru adalah tonggak penjaga etika dan edukasi bagi seluruh siswa, mulai siswa PAUD sampai dengan siswa SMA. Karena guru adalah sebagai penjaga tonggak etika dan edukasi, maka dibutuhkan guru-guru yang mampu memberikan suri teladan bagi seluruh siswa-siswinya," kata perempuan yang akrab disapa Mbak Un itu, Kamis (25/11).

Karena itu, guru perlu mendapatkan apresiasi dari negara. Selaku Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, dia menegaskan bahwa negara tengah berupaya maksimal dalam memenuhi kewajibannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para guru. Berbagai bentuk perhatian negara seperti sertifikasi dan tunjangan kepada guru tetap dan honorer telah diberikan.

"Maka dengan perbaikan-perbaikan di sisi-sisi kesejahteraan itu, kita berharap rekan-rekan guru semuanya memiliki etos kerja yang tinggi. Niat kerja yang keras dan tekad untuk membangun para siswa dengan berlandaskan budi pekerti luhur," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu.

Simak berita selengkapnya ...