Walikota Probolinggo Siapkan Pelebaran Lahan TWSL dan Tambah Koleksi Satwa Bonbin

Walikota Probolinggo Siapkan Pelebaran Lahan TWSL dan Tambah Koleksi Satwa Bonbin Walikota Hj Rukmini SH MSi bermain dengan Desi, anak monyet ekor panjang. (Andi/BANGSAONLINE)

PROBOLINGGO (BangsaOnline) - Komitmen Wali Kota Probolinggo Hj Rukmini SH MSi terhadap Penataan Tata Ruang dan Taman Terbuka Hijau luar biasa. Ini terbukti terhadap banyaknya RTH yang ada di Kota Probolinggo.

Siang tadi (25/3), Wali Kota Rukmini melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) atau yang lebih dikenal Kebun Binatang (Bonbin) mini.

Bersama Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Tutang Aribowo, Wali Kota Rukmini melihat langsung kondisi binatang yang menghuni TWSL. Saat pertama memasuki TWSL, Wali Kota Hj Rukmini, yang didampingi sejumlah pejabat, melihat singa, monyet, burung, hingga pepohonan.

Dari sana, Wali Kota sudah menyiapkan beberapa perencanaan untuk mengembangkan TWSL yang tiap harinya menjadi jujukan para pengunjung. Perhatian Wali Kota lalu tertuju pada singa berumur 16 tahun bernama Tegar. Kepada petugas pengelola TWSL, Wali Kota memerintahkan kepada BKSDA agar singa betina, agar tidak jenuh dan kesepian.

“Segera ajukan surat ke BKSDA, minta penambahan singa betina. Kandang besi ini juga perlu dicat. memang berencana menambah sejumlah satwa, sesuai permintaan warga dan kebutuhan koleksi,” katanya.

Wali Kota mengatakan, sejumlah satwa akan didatangkan, seperti burung kakaktua dan burung warna-warni, yang dilepas di luar sangkar seperti di Taman Safari Indonesia.

Dengan kehadiran hewan itu, diharapkan membuat pengunjung semakin senang.

Selain menambah koleksi satwa, lanjut Wali Kota, TWSL akan menambah fasilitas permainan seperti outbond training dan wahana air untuk melengkapi fasilitas lainnya. Ini agar masyarakat semakin tertarik berlibur ke TWSL.

“Tentang usulan agar setiap Ruang Terbuka Hijau (RTH) dilengkapi hewan, sepertinya kurang mendesak. RTH berfungsi sebagai lokasi penghijauan di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya, lalu mengelilingi TWSL untuk mengecek seluruh fasilitas.

Desi, anak monyet ekor panjang bernama juga menarik perhatian Wali Kota. Wali Kota tampak senang bermain dengan monyet kecil. Sesekali, Wali Kota Rukmini memegang monyet dengan rasa kasih sayang kepada satwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO