Baznas Kabupaten Malang Berhasil Himpun Dana Zakat Rp9 Miliar

Baznas Kabupaten Malang Berhasil Himpun Dana Zakat Rp9 Miliar Ketua Baznas Kabupaten Malang Khoirul Hafidz (baju putih) saat menyerahkan bantuan bedah rumah secara simbolis. Turut hadir Bupati Malang, Ketua Baznas Jatim.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Nasional (Baznas) Kabupaten Malang berhasil menghimpun dana zakat sebesar Rp 9 miliar sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Selain itu, juga membedah 1.601 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dalam program bedah rumah.

"Juga ada program beasiswa, bantuan biaya kesehatan, bantuan tunai kepada masyarakat tidak mampu, kaum duafa, dan bantuan bagi pedagang kecil atau UMKM," kata Ketua Baznas Kabupaten Malang Drs. KH. Khoirul Hafidz Fanani saat acara dzikir dan doa bersama dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke 1.261, di Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (2/11).

Bupati Malang H. M. Sanusi mengapresiasi atas kinerja Baznas Kabupaten Malang yang telah dapat membantu masyarakat tidak mampu, salah satunya melalui program bedah rumah sebanyak 1.601 unit.

"Kemudian dapat membantu anak-anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan, menjadi bisa bersekolah dengan adanya bantuan beasiswa dari Baznas Kabupaten Malang," tuturnya.

Sanusi menuturkan bahwa program-program baznas itu adalah hasil dari zakat 2,5 persen dari masyarakat. Dana zakat itu selanjutnya dikembalikan lagi kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Dzikir dan doa bersama ini merupakan ikhtiar atau usaha agar Kabupaten Malang dijauhkan dari segala bencana. Oleh karenanya, saya minta kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap satu langkah dan satu gerak dalam membangun Kabupaten Malang menjadi Kabupaten yang sehat dan makmur," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Malang Sanusi, Ketua Baznas Prov Jatim KH Muhammad Roziqi, dan Ketua Baznas Kabupaten Malang menyerahkan kepada penerima bantuan bedah rumah secara simbolis.

Turut hadir, Forkopimda Kabupaten Malang, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Kepala Kemenag Kabupaten Malang, para Asisten Kepala OPD dan para camat, serta ASN di lingkungan Pemkab Malang. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO