Ratusan Massa dari Aliansi Gaprak Demo Proyek Smelter Freeport Manyar Gresik

Ratusan Massa dari Aliansi Gaprak Demo Proyek Smelter Freeport Manyar Gresik Aliansi Gaprak saat menggelar demo proyek Smelter Freeport. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan masyarakat Kabupaten Gresik yang mengatasnamakan dirinya sebagai aliansi gerakan pribumi bergerak (Gaprak) menggelar demo pembangunan Smelter (FI) yang berada di kawasan industri Java Integrated Industrial Ports and Estate () Gresik.

Mereka yang terdiri dari Forum Kota (Forkot) Gresik, Forum Komunikasi Warga Suci (FKWS), Forum Perjuangan Pemuda Indonesia (), dan Generasi Pemuda Nusantara (Genpatra) menuntut perusahaan di Kota Pudak khususnya Smelter mempekerjakan warga lokal.

"Kita datang ke sini untuk memperjuangkan nasib warga Gresik yang masih nganggur. Apa guna investasi besar-besaran jika masyarakat lokal masih banyak yang menganggur," kata Koordinator Umum (Kordum) aksi yang juga Ketua FKWS, Jaun Farhat, Selasa (7/12).

Ia meminta, industri di Gresik harus memprioritaskan tenaga kerja lokal. Menurut Farhat, merekalah yang paling terdampak, terlebih masyarakat yang berada di wilayah terdekat (ring 1) perusahaan.

"Kami berdiri di sini menuntut hak masyarakat Gresik yang secara langsung terdampak oleh industrialisasi. Wong (orang) Gresik dilarang nganggur," tuturnya.

Dalam aksinya, para pendemo membawa mobil komando serta belasan bendera masing-masing organisasi gerakan. Mereka melakukan orasi, juga membentangkan spanduk besar bertuliskan nada protes 'wong Gresik dilarang jadi pengangguran'.

Sementara itu, Ketua , Haris Sofwanul Faqih, menuturkan bahwa banyaknya industri di Gresik realitanya belum mampu mengurangi tingginya angka pengangguran masyarakat lokal.

"Gresik ini banyak investasi-investasi besar, namun faktanya masih banyak masyarakat lokal yang pengangguran," kata Haris.

Tak ditemui oleh pihak perusahaan, masa aksi kemudian bergerak menuju kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, untuk menyuarakan tuntutannya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO