Muscab HKTI Sidoarjo, Gus Muhdlor Berharap Dunia Pertanian di Kota Delta Jadi Lebih Baik

Muscab HKTI Sidoarjo, Gus Muhdlor Berharap Dunia Pertanian di Kota Delta Jadi Lebih Baik Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat memberi pesan pada acara Musyawarah Cabang HKTI Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sidoarjo menggelar musyawarah cabang (Muscab) untuk menentukan ketua pada periode 2021-2026. Alhasil, Mochammad Sochib resmi terpilih secara aklamasi untuk menahkodai .

Hadir dalam agenda tersebut, , Ahmad Muhdlor Ali, berharap Ketua HKTI yang baru dapat membawa dunia pertanian di Kota Delta lebih baik lagi. Menurut dia, kehadiran HKTI sangat ditunggu-tunggu karena produk domestik regional bruto (PDRB) dalam sektor pertanian masih sangat rendah, hanya 2,8 persen. 

“Kami mengajak HKTI ini dapat bersama-sama dalam meningkatkan produktivitas pertanian Sidoarjo,” ujarnya, Rabu (8/12).

Ia menuturkan, kolaborasi antarpihak dan daerah sangat dibutuhkan, sebab banyak permasalahan di sektor petani yang membutuhkan dukungan semua pihak, seperti harga pascapanen, masalah pupuk, dan lahan pertanian yang terus berkurang.

“Saya berharap HKTI dapat membangun arus baru, tampil berikan nilai manfaat bagi petani,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua , Mochammad Sochib, menyampaikan bahwa pihaknya akan bekerja keras untuk selalu hadir dalam setiap permasalahan yang dihadapi petani di Kota Delta. Ia juga menyambut baik dukungan yang diberikan untuk dapat berkolaborasi dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Saya sejak kecil sudah jadi petani. Saya paham betul permasalahan yang dihadapi petani. Misalnya di saat musim tanam kesulitan pupuk, musim panen tengkulak pada datang dan harga anjlok,” kata Sochib.

Ia memastikan, akan mendirikan Koperasi Tani sebagai salah satu langkah awal untuk menyelamatkan harga hasil pertanian agar tidak anjlok seperti yang terjadi dalam beberapa tahun ini. Sochib juga akan melengkapi jajaran pengurus mulai tingkat kecamatan hingga desa dengan harapan, pengurus ini dapat melakukan pendampingan dan mengetahui aspirasi dari  para petani di Sidoarjo.

Agenda tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sidoarjo bersama para OPD, HKTI Jatim, Wakil Ketua I Syaiful Azhari; Sekretaris HKTI Jatim, Warsito, yang mewakili Ketua HKTI Jatim, Ony Anwar Harsono, dan Wakil Bendahara HKTI Jatim Indah. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO