Atasi Banjir di Gresik, Gus Yani Tinjau Saluran Air

Atasi Banjir di Gresik, Gus Yani Tinjau Saluran Air Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, didampingi sekretaris daerah dan Camat Gresik saat meninjau saluran air. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com , Fandi Akhmad Yani (), langsung meninjau ke sejumlah titik air di perkotaan pascabanjir yang melanda sejumlah wilayah. Ia melihat kondisi gorong-gorong dangkal dan sampah yang menumpuk.

"Kondisi drainase saat ini sudah waktunya dilakukan pengerukan, karena kondisinya yang dangkal. Saya dengar tadi bahwa sekitar lebih dari 20 tahun, gorong-gorong ini tidak dikeruk. Maka tak heran setiap musim hujan datang dan saat intensitas hujan tinggi, tempat ini (Jalan Samanhudi) pasti banjir," ujarnya, Senin (13/12).

Tahun depan, kata , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik berencana melakukan pengerukan dan normalisasi di sepanjang drainase di wilayah tersebut agar banjir tidak kembali menggenang. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air.

"Kalau ini terus dibiarkan, kasihan masyarakat. Ekonomi pasti tergangu. Kami pemerintah daerah berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan permasalahan yang ada," tuturnya.

"Percuma dong kita susah payah melakukan normalisasi, tetapi kebiasaan masyarakat membuang sampah masih sembarangan. Ini berakibat pada penumpukan sampah di slauran air. Seperti yang kita lihat barusan, petugas menemukan kasur dari dalam selokan. Ayo kita saling support, pemerintah yang melakukan perbaikan, masyarakat yang mendukung," paparnya menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, mengatakan bahwa sejumlah bangunan liar di atas saluran juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Selain itu, kapasitas bozem yang ada di bawah Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) pada tahun 2022 mendatang juga akan direncanakan untuk penambahan kapasitas.

"Kami berharap agar dalam beberapa waktu mendatang untuk dilakukan penertiban bangunan liar (bangli) di atas saluran air tersebut," ucap Achmad

"Kita akan lakukan pengerukan di tahun 2022. Pak Bupati ingin agar masyarakat tak khawatir lagi apabila musim hujan tiba. Mudah-mudahan ini menjadi solusi yang terbaik untuk masyarakat," kata Achmad. 

Agenda tersebut juga dihadiri oleh , Endro Dwi Setyo Utomo, dan sejumlah pejabat terkait untuk memastikan saluran air di kawasan Kota Pudak berfungsi normal atau tidak. Sebab, sejumlah titik di Gresik sempat terendam ketika diguyur hujan deras, seperti di , Kecamatan Gresik, dan di sekitar Pasar Kota Gresik, Jalan Samanhudi. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO