Ubah Lahan Kosong Jadi Tempat Bertanam, Anggota KWT Putri Wilis Laksanakan P2L

Ubah Lahan Kosong Jadi Tempat Bertanam, Anggota KWT Putri Wilis Laksanakan P2L Ibu-ibu yang tergabung di KWT Putri Wilis Desa Cermo saat panen sayuran P2L.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mendukung ketahanan pangan masyarakat, Kelompok Wanita Tani Putri Wilis , Kabupaten, melaksanakan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

P2L adalah memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan kosong yang tidak produktif sebagai tempat bertanam. Tujuannya, menyediakan sumber pangan bagi masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan anggota kelompok masyarakat.

Pendamping Kelompok Wanita Tani Putri Wilis, Jairokim, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok masyarakat.

"Program P2L yang ada di KWT Putri Wilis merupakan aspirasi yang dibawa Anggota DPR RI ," ungkap pria yang kareib disapa Jay tersebut.

Melalui program tersebut, diharpakna lahan tidak produktif bisa diubah menjadi produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan ekonomi keluarga melalui produk-produk pertanian yang berorientasi pasar.

Sementara Ketua KWT Putri Wilis, Efa Yuliani, mengaku sudah mendapat banyak manfaat dari P2L yang mereka kelola selama 1 tahun.

"Sebelum adanya program P2L kita sudah memanfaatkan lahan pekarangan. Tapi setelah ada P2L yang kita kelola hampir satu tahun ini kegiatan kita lebih terasa. Sebab selain diberi bantuan berupa dana, juga ada bantuan pelatihan pertanian dan hasilnya pun sudah kita rasakan," pungkas Efi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO