Pemberian Energize IBT #2 Gresik Berhasil Dilakukan PLN UIT JBM

Pemberian Energize IBT #2 Gresik Berhasil Dilakukan PLN UIT JBM Manajemen PLN UIT JBM memastikan IBT#2 GISTET Gresik dapat beroperasi optimal untuk membantu menjaga keandalan sistem kelistrikan di Jatim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemberian tegangan (energize) pada ekstensi IBT (Interbus Trafo) #2 berhasil dilakukan Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) pertengahan Desember lalu, di Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV .

Infrastruktur yang memiliki kapasitas daya terpasang sebesar 500 MVA dengan tegangan 500/150 KV ini telah memperoleh sertifikasi laik operasi (SLO) yang terbit pada Sabtu (25/12) dan akan menyalurkan transfer daya dari Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV –Tandes.

Proyek IBT#2 yang mulai dikerjakan pada 2019, memiliki nilai investasi sebesar Rp 177,4 miliar ini berhasil energize 2 tahun sejak awal proyek dimulai. Dengan tetap melalui pengendalian pekerjaan konstruksi yang sesuai dengan ketepatan biaya, waktu, serta mutu dan spesifikasi.

Hadir dalam pemberian tegangan pertama IBT #2 , General Manager UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan menyampaikan, IBT #2 yang merupakan proyek strategis nasional ini akan memperkuat subsistem IBT #1 dan IBT #2 Krian.

“Dengan adanya penambahan kapasitas 500 MVA pada IBT #2 ini maka akan memperkuat daya mampu pasok subsistem Krian 1,2 – yang selama ini sebesar 2005 MW dengan realisasi beban sebesar 1745 MW sehingga surplus akan meningkat dan dapat membantu fleksibilitas pemeliharaan di UIT JBM,” papar Didik, Selasa (28/12).

Hal itu sebagai upaya untuk mengurangi bottleneck atau mengurangi titik yang berpotensi jika terjadi gangguan tidak sampai menimbulkan padam di Jawa Timur (Jatim) karena kehandalan subsistem IBT.

“Dengan adanya IBT #2 ini pelaksanaan pemeliharaan diharapkan tidak hanya dapat dilaksanakan hari Sabtu Minggu dengan beban rendah tapi sudah dapat dilaksanakan di hari kerja melalui peningkatan kapasitas ini. Dari sisi , dengan penambahan 1 IBT mendukung keandalan sistem dan fleksibilitas operasi," jelasnya.

Penyelesaian IBT #2 GISTET ini sendiri juga akan memperkuat kehandalan penyaluran energi listrik di Jatim, khususnya untuk wilayah Surabaya metropolis, Sidoarjo, serta termasuk sebagai sumber penyuplai listrik Pulau Madura. (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO