ITS Tegaskan Tidak Ada Kenaikan UKT 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

ITS Tegaskan Tidak Ada Kenaikan UKT 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mohammad Sulthon Neagara
Selasa, 28 Mei 2024 17:00 WIB

Gedung Rektorat ITS.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rektor , Bambang Pramujati, merespons isu kenaikan besaran uang kuliah tunggal () yang menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Ia menegaskan bahwa tidak ada peningkatan terkait di .

tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (28/5/2024).

Kabar burung yang meresahkan sebagian besar masyarakat itu bahkan sempat berujung demo dari para mahasiswa, hingga akhirnya Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengumumkan pembatalan kebijakan kenaikan besaran yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2/2024.

Sejak tahun ajaran 2013/2014, sudah menerapkan pembagian ke dalam 7 kelompok untuk jalur prestasi maupun tes tulis. Pembagian ini terbagi dari kelompok 1-7 dengan kisaran biaya mulai dari Rp500-7,5 juta per semester. Sedangkan untuk jalur Mandiri dan Kemitraan dikenai dari kelompok 7-9 dengan kisaran biaya mulai Rp7,5-12,5 juta.

Bambang yang juga Dosen Departemen Teknik Mesin itu menjelaskan, lebih memilih untuk mengkaji kembali kesesuaian antara kategori dengan keadaan finansial para mahasiswa dibandingkan menaikkan biaya . Demi mewujudkan gagasan tersebut, menetapkan penambahan kelompok menjadi 9 kelompok untuk jalur regular atau di luar jalur Mandiri. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video