Gandeng Beehive Drones dan BKI, ITS Launching Drone Pendeteksi Emisi Udara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng Beehive Drones dan BKI, ITS Launching Drone Pendeteksi Emisi Udara

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mohammad Sulthon Neagara
Selasa, 28 Mei 2024 23:47 WIB

Drone pendeteksi emisi udara hasil kolaborasi ITS dengan BKI, dan Beehive Drones saat melakukan uji surveillance di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bekerja sama dengan Beehive Drones dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),  menciptakan Drone Sniffing, alat inovatif pertama di Indonesia yang mampu mendeteksi emisi gas rumah kaca di udara.

Drone yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, dan dapat diakses secara langsung untuk meningkatkan keakuratan, serta fungsionalitasnya itu diluncurkan secara resmi di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Drone sniffing dengan seri BVD-M16A ini merupakan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) multiguna yang memiliki fungsi utama untuk mendeteksi emisi gas rumah kaca di udara," kata Ketua Tim Riset Kedaireka , Tri Achmadi, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Selasa (28/5/2024).

Alat inovatif itu telah ditanami sensor BVD-Sniffing untuk mendeteksi 7 jenis polutan udara (CO2, CO, NO2, NO, SO2, PM2.5, serta PM10). Polutan tersebut dapat dideteksi dan diukur kadar serta jenisnya secara real time, melalui sensor-sensor pendekatan.

Fungsi ini dapat membantu BKI serta Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) sebagai pengguna untuk menjalankan fungsi pelabuhan dan standarisasi kapal. Data tersebut juga dapat digunakan untuk menekan angka gas emisi udara di Indonesia.

Menurut Tri, drone sniffing ini juga berfungsi sebagai alat surveillance (pengawas). Dilengkapinya BVD-M16A dengan kamera thermal dan kamera RGB memudahkan kegiatan surveillance di wilayah perairan. 

Selain itu, radar Light Detection And Ranging (LiDAR) memungkinkan alat ini dalam mengukur kedalaman suatu objek dan menghindarkan alat dari objek-objek lain yang tidak diinginkan.

"Fitur-fitur ini menjadikan drone BVD-M16A efektif untuk menjangkau area yang sulit dan melakukan pemantauan," ucap Manajer Pusat Inovasi Kemaritiman ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video